Reciev RPU Maksimal dengan ALINCO DJ 195/DJ 196

senkom.or.id - Dalam dunia komunikasi sosok wajah yang tidak asing lagi bagi pengguna HANDY TRANCIEVER, ini terlihat sederhana, di balik kesederhanaan ini saya ingin mengulas kelebihan yang ada pada handy transiever ini.

Salah satunya adalah:
Bisa digunakan sebagai RECIEVER untuk Repeater Radio.
Syarat dari pada recierver untuk Repeater Radio antara lain : Selective, Sensitivity
Selective : mempunyai daya pilih frekuensi yang baik.
Sensitivity : mampu merespon signal radio yang lemah, kepekaan yang cukup.

Dalam panduan Handy Transiever DJ195/DJ196 disebutkan ada 3 sensitive adjustment. Yaitu channel frequensi  dalam Mode Adjustment
1. Minimum frequensi sensitivity adjustment.( 130 mhz ) 
2. Medium frequensi sensitivity adjustment.( 145 mhz )
3. Maximum frequensi sensitivity adjustment.( 170 mhz )

Saya tidak membahas minimum, medium, maximum. tapi lebih dalam membahas mengenai sensitive. Oke!
 
Saya mengambil contoh: Frequensi input dari Rx rpu Silahturokhim Malang Rx 150.770 Mhz. Memperhatikan mode adjustment tersebut di atas Rx 150.770 Mhz masuk pada Maximum frequesi sensitivity adjustment, berikutnya masukkan frekuensi 150.770 mhz pada memory nomer 6.  Silahkan memory nomer 6 dikunci/ di lock.

Mengapa dialamatkan pada memori No 6, untuk adjustment mode sensitivity radio ini berapapun nilai frequensi yang berada di memori tsb, agar didapat maximum frequensi sensitivity adjustment, karena RPU rekan SENKOM MITRA POLRI berada di alokasi band 150 mhz s/d 170 mhz.

Masukkan sandi adjustment mode dengan angka ( 490217 ), berikutnya perhatikan display ada perubahan decimal point pada angka ( 150.770  menjadi 15.0.770 ).

Untuk menjalankan program tersebut tekan tombol Fung/set. Di layar kiri bawah yang semula tertulis  ( M 6 ) akan menjadi alamat program Frequensi ( 150.770 mhz ) yaitu contoh ( bf ) huruf bf ini adalah Default Program , pertahankan mode ini jangan berubah, bila berubah tekan Fung/set kembali.

Tahap berikutnya silahkan monitor signal yang masuk pada frequensi tersebut, untuk mendapatkan signal yang terbesar pada frequensi itu putar rotary ke kanan atau ke kiri yang diikuti perubahan alamat  program (ke kanan C0 dst, ke kiri Be dst), setelah mendapat signal yang paling besar dengan mutu audio yang bagus berikutnya silahkan memori program nomer 6 dikunci atau dilock dan kembali ke adjustment mode ( menekan keypad 490217 ). Selesai! 

Semoga berhasil dan sukses. (RAMA 9.1A)

Posting Komentar

2 Komentar

  1. mantab wak ROMBENK

    untuk skema RPU dgn ALINCO DJ195/6 silahkan lihat di http://senkomtanjungselor.blogspot.com/p/teknik.html

    BalasHapus
  2. Kemarin pernah buat recieve radio tersebut, tetapi kok masih ada splet?
    belum saya kasih filter. Apakah memang perlu filter? Kalau memang ya, mohon skema filter.

    BalasHapus

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Sebaiknya komentar sesuai berita yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Komentar ditayangkan setelah melalui moderasi. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)