.

.
Headlines

Senkom Palopo Audiensi Dengan Kapolres

Posted by Senkom Mitra Polri | Senin, 29 April 2013 | Posted in

Senkom.or.id | Palopo : Senkom Kota Palopo Audiensi ke Polres dalam rangka menyampaikan hasil dari Diklatnas Kamtibmas dan Telematika, Jum'at (26/4).

Kapolres Palopo AKBP. Endang Rasidin menyambut baik kedatangan Anggota Senkom yang diperkuat 4 personel, dalam Audiensi ini Kapolres koordinasi dengan Senkom, untuk membantu komunikasi pengamanan hasil keputusan MK pemenang Pilkada Kota Palopo yang akan dilaksanakan senin tgl 29 April 2013.

Peran Penting Komunikasi Informasi Pelantikan Gubernur Papua

Posted by Senkom Mitra Polri | | Posted in , ,

Senkom.or.id | Papua : Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH dan Klemen Tinal, SE, MM (9/4/2013) dilapangan Stadion Mandala Jayapura disiagakan 1700 personil dari Polri, TNI dan Senkom Mitra Polri.

Senkom Mitra Polri Provinsi Papua dalam pengamanan ini menurunkan 75 personil ditempatkan di ruang kedatangan tamu VVIP bandara Sentani hingga di tempat pelantikan, pengamanan ini dilaksanakan selama 5 hari mulai dari gladi kotor, gladi bersih hingga pelaksanaan pelantikan dengan memegang peran komunikasi informasi sesuai perintah Kapolda.

Proses pelantikan yang berjalan lancar ini bukan karena peran aparat TNI dan Polri saja, namun juga partisipasi masyarakat Papua yang sama-sama menjaga keamanan,” kata Kombes Pol I Gede Sumerta Jaya, Kabid Humas Polda Papua.

Pengamanan Ring I di Mandala dipimpin Kapolres Kota selaku Kepala Satgas Pam pelantikan. Ring II juga ada pengamanan yakni di wilayah Sentani dan Kota Jayapura yang dipimpin masing-masing Kapolres. Ring III dikawal TNI baik dari Batalion, Kodam, Korem, AU dan Marinir,” terang dia.

Sekretaris Senkom Mitra Polri Provinsi Papua Rahadi Jaya Ibrohim, ST dalam keterangannya melalui telepon, mengatakan, kami siap membantu kamtibmas kapan saja seperti pelantikan gubernur ini, sesuai dengan tugas kami untuk membantu informasi kamtibmas pada masyarakat, kepolisian dan pemerintah. Karena informasi yang cepat, tepat dan sesuai keadaan yang terjadi sangat dibutuhkan dalam setiap pengamanan.

Alhamdulillah, pelaksanaan pelantikan berjalan sukses, aman seperti yang diharapkan, karena kerjasama semua fihak, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Muspida karena telah memenuhi semua biaya operasional Senkom selama pengamanan pelantikan, tambah Rahadi.

Pengamanan Hasil Keputusan MK Pilwalkot Palopo

Senkom Lokal Palopo
menurunkan 32 Personel yang terbagi di 16 titik Pos dalam PAM hasil keputusan MK Pilwalkot Palopo, Senin (29/4/2013).

Pada pengamanan tersebut, Polisi menangkap seorang karena terbukti membawa senjata tajam berupa badik yang diletakkan di dalam tasnya. (Abd. Rachman)

Senkom.or.id
Editor: Yusuf EM


Polres Salatiga Sosialisasi Bahaya Penyakit Masyarakat

Posted by Senkom Mitra Polri | Kamis, 25 April 2013 | Posted in , ,

Senkom.or.id | Salatiga : Binmas Polres Salatiga melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Terminal Angkot (9) Desa Dukuh, Kec. Sidomukti, Salatiga, Selasa malam (21/4) dengan memutar film tentang bahaya narkoba, HIV aids dan penyakit masyarakat lainnya seperti curanmor, penipuan, dan kenakalan remaja

Sosialisasi bertujuan agar warga masyarakat lebih waspada dalam mengawasi putra putrinya, dan anggota keluarga yang lain agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas & penyalahgunaan narkoba.

Warga juga dihimbau untuk meningkatkan pengamanan swakarsa dengan mengoptimalkan peran siskamling.

Dalam pengarahannya yang disambut dengan antusias oleh masyarakat yang menyaksikan, Wakapolres Salatiga Kompol Maulud berpesan agar Senkom ikut membantu menciptakan & menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing.

Maulud juga memberi cinderamata berupa lampu kunang-kunang, jam dinding dan buku tentang kamtibmas kepada ketua Senkom Salatiga Suyitno, SPd.

Hadir juga Kasat Binmas AKP I Gede Putra Astawa, Kapolsek Sidomukti, Babinkamtibmas, dan jajaran terkait lainnya. (Agung Setyawan).


Senkom.or.id
Editor: Yusuf EM.

Ikrar Mitra Kamtibmas Polresta Bekasi

Posted by Senkom Mitra Polri | Jumat, 19 April 2013 | Posted in ,


Senkom.or.id | Bekasi : Apel Besar Ikrar Mitra Kamtibmas Polresta Bekasi, Sabtu (13/4) dipimpin oleh Kapolresta Bekasi Drs. Priyo Widyanto, MM, dihadiri oleh seluruh mitra kamtibmas, diantaranya Senkom Mitra Polri, Orari, Rapi, Pokdar Kamtibmas, Sispamdu, Saka Bayangkara, FKPM dll.

Dalam sambutannya Kapolresta mengajak kepada semua mitra kamtibmas untuk bahu membahu, saling bekerjasama di dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing.

Naskah Ikrar ditandatangani oleh Kapolresta Bekasi Drs. Priyo Widyanto, MM dan para Ketua Mitra Kamtibmas, kemudian diikuti oleh seluruh peserta apel dengan menandatangani spanduk Ikrar Mitra Kamtibmas. 



Isi Ikrar:
Kami mitra kamtibmas Polresta Bekasi Kota
Dengan tulus dan ikhlas bersama Polri bersedia :
1. Menjadi mitra kamtibmas Polri secara bersama-sama, tanpa adanya perbedaan
2. Membantu polri dalam memecahkan permasalahan yang timbul di masyarakat
3. Mendukung Polri dalam menciptakan lingkungan yang aman dan tertib
4. Berperan aktif dalam setiap kegiatan kemasyarakatan, tanpa mengharapkan imbalan atau pamrih
5. Menjadi contoh dan tauladan yang baik di lingkungan masyarakat
6. Senantiasa mengutamakan sinergitas dan musyawarah dalam setiap pelaksanaan kegiatan. (Rochim)

Senkom.or.id 
Editor: Yusuf Em

Presiden SBY Kunjungi Kampung Nelayan Karawang

Posted by Senkom Mitra Polri | Selasa, 16 April 2013 | Posted in ,


Senkom.or.id | Karawang : Nelayan Dusun Pasir Putih, Desa Sukajaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Jawa Barat berkesempatan dialog bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Ibu Negara Hj. Ani Bambang Yudhoyono, Selasa (16/4).

SBY mengistruksikan kepada Kementrian PU, dan Pemda agar tahun ini dapat mengeruk dan memperdalam muara sekitar 2 meter, saat dialog dengan nelayan di desa tersebut.

Presiden juga memberi bantuan kepada 8 Kelompok Tani Dusun Jeruk Simer, Desa Rawa Gempol Wetan, Kecamatan Cilamaya masing-masing sebesar Rp.100 Juta.

Menteri Kelautan dan Perikanan Syarif Cicip Sutardjo, Menteri Pertanian Suswono, Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri Koperasi dan UKM Syariefudin Hasan, Menteri BUMN Dahlan Iskan dan sejumlah pejabat negara lainnya turut mendampingi kunjungan Presiden di dua lokasi tersebut. Hadir juga Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf, Bupati Karawang Ade Swara dan Wakil Bupati Karawang Cellica Nurachdiana.

Dalam Kunjungan kerja ini pasukan pengaman presiden di ring satu bersama 20 anggota Senkom Mitra Polri Kabupaten Karawang, Jawa Barat bergabung mengawal Presiden SBY. (htw)


Senkom.or.id
Editor: Yusuf Em

Wakapolri Coba Alat Komunikasi Senkom

Posted by Senkom Mitra Polri | Kamis, 11 April 2013 | Posted in ,

Senkom.or.id | Jakarta : Kecepatan  alat komunikasi yang digunakan Senkom Mitra Polri dalam menyampaikan informasi dari seluruh penjuru tanah air kepada aparat terkait di pusat, menarik perhatian Wakapolri Komjend Nanan Soekarna untuk mencobanya setelah penutupan diklat Kamtibmas dan Telematika di Gedung Minhajurrosyidin Lubang Buaya Jakarta Timur (11/4/13).

Di hadapan 500 peserta diklat telematika Nanan Soekarna melakukan komunikasi dengan Misyadi anggota Senkom Mitra Polri di Patumbak Medan Amplas Sumatera Utara mempergunakan HT yang tersambung se nusantara.

Silahkan terus koordinasi dengan kami dalam menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing dan selamat bertugas, kata
Nanan dalam komunikasi tersebut.

Komunikasi yang dilakukan Wakapolri langsung didengarkan dan direspon oleh anggota Senkom Mitra Polri di seluruh penjuru nusantara dengan mempergunakan HT.

Peralatan seperti inilah yang kami butuhkan, agar setiap tanda-tanda adanya kejadian adanya gangguan kamtibmas dapat segera disampaikan, tambahnya.

Alat komunikasi Senkom Mitra Polri terdiri dari analog dan digital, dengan swadaya memanfaatkan alat komunikasi masa lalu seperti HT dan Rig dimodifikasi untuk dimaksimalkan penggunaannya, digabung dengan teknologi masa kini sehingga bisa dipakai komunikasi jarak jauh seperti semboyannya menembus jarak tanpa batas.  (Yusuf)

Senkom.or.id


Pembukaan Diklat Nasional Kamtibmas dan Telematika Senkom

Posted by Senkom Mitra Polri | Selasa, 09 April 2013 | Posted in ,

Senkom.or.id | Jakarta -  Diklat Kamtibmas dan Telematika Senkom Mitra Polri bersama Mabes Polri diikuti 1500 peserta dibuka secara resmi oleh Kabaharkam Polri Komisaris Jenderal Polisi Drs. Oegroseno, SH (9/4/13) mewakili Wakapolri.

Pembukaan ditandai dengan pelepasan balon udara pada saat upacara pembukaan di lapangan gedung Minhajur Rosyidin Lubang Buaya Jakarta Timur.

 
Hadir dalam pembukaan Pejabat Mabes Polri, Mabes TNI, Ketua KNPI, BNPB, Kemenpora dan undangan lainnya.


Dalam sambutan Kabaharkam, saat ini Polri sedang melaksanakan proses reformasi untuk menjadi kepolisian yang profesional, maka Polri harus menyesuaikan diri dengan perkembangan kehidupan masyarakat dengan cara merubah paradigma dari yang reaktif dan konvensional menjadi proaktif dan modern dengan mengedepankan kemitraan dalam rangka pemecahan masalah-masalah sosial.

Polri sadar bahwa untuk menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan tenteram dalam masyarakat Polri tidak dapat bekerja sendiri akan tetapi Polri harus bermitra dengan masyarakat.

Dalam hal ini masyarakat tidak hanya sebagai obyek dalam ketertiban masyakarat akan tetapi sejajar/setara dengan Polri untuk bersama-sama memecahkan masalah sosial yang ada di masyarakat. 


Peran serta masyarakat sebagai state holder dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat harus kembali diberdayakan dan ditingkatkan sehingga masing-masing anggota masyarakat  dapat berperan aktif untuk menjaga keluarga dan lingkungannya dari gangguan kamtibmas.

Oleh karena itu diharapkan setiap anggota Senkom yang ada di seluruh Indonesia dapat melaksanakan peran dan fungsinya bersama dengan masyarakat untuk membantu dan mensosialisasikan tugas dan kegiatan pemolisian dalam mewujudkan atau terciptanya situasi yang kondusif dan siskamtibmas secara swakarsa.

Keterbatasan sumber daya Polri yang merupakan salah satu hambatan internal Polri dalam pembinaan kamtibmas akan terbantu dengan adanya partisipasi masyarakat terutama dari Senkom sebagai mitra polri dalam pembinaan kamtibmas, lanjutnya.

Rapat koordinasi Pengurus Pusat Senkom Mitra Polri dengan Mabes Polri dilakukan setelah upacara pembukaan yang dihadiri pula oleh ketua Senkom Provinsi se Indonesia untuk melaporkan semua kegiatan Senkom yang telah dilakukan.

Pada diklat ini  Mabes TNI juga memberikan materi tentang peranan Negara dalam mengamankan setiap jengkal wilayah NKRI yang disampaikan pada peserta kamtibmas.


Materi pembuatan Blog, Eqso, Direction Finder, Cara buat RPU, mengukur jangkauan pancaran radio diberikan pada 500 peserta diklat telematika. (Yusuf Em)

Senkom.or.id








Wakapolri Nanan Soekarna Buka Diklat Nasional Kamtibmas dan Telematika

Posted by Senkom Mitra Polri | Minggu, 07 April 2013 | Posted in ,

senkom.or.id - Jakarta : Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi Nanan Soekarna menurut rencana akan membuka diklat nasional Senkom Mitra Polri di Gedung Minhaju Rosyidin Lubang Buaya Jakarta (9/4/13).

Diklat nasioal kamtibmas dan telematika dilaksanakan selama 3 hari merupakan agenda 3 tahunan pengurus pusat Senkom Mitra Polri bekerjasama dengan Mabes Polri untuk memberikan pelatihan kepada 1500 peserta, perwakilan dari Senkom Mitra Polri Kabupaten/Kota dan Provinsi se Indonesia, kata H. Arif Nurokhim Sekjen Senkom Mitra Polri.

Dalam konfirmasi  secara tertulis dari Mabes Polri yang dikirim oleh Kabaharkam akan memberikan materi diantaranya Kebijakan Polri tentang Polmas, Penanggulanagan Terorisme di Indonesaia, Pelopor Keselamatan berlalu Lintas, Cara Menyampaikan Pendapat di muka Umum dan lainnya.

Seperti agenda yang sudah disusun dalam acara, Mabes TNI, Mendagri, Kemenpora, Mensos, Kominfo, KNPI, BNPB dan lainnya akan mengisi materi pada diklat nasional angkatan ke 4 ini.

Senkom Mitra Polri yang dibentuk 1 Januari 2004 di Jakarta sebagai wadah kelompok sadar kamtibmas oleh anggota mitra kamtibmas Mabes Polri dan ditindaklanjuti dengan Surat Telegram Kapolri nopol: ST/526/V/2007 tanggal 7 Mei 2007 tentang perintah kepada para Kapolda untuk membina Senkom untuk menjadi mitra Polri.

Diharapkan dapat berperan serta sebagai anggota FKPM untuk memecahkan masalah-masalah sosial yang berdampak dapat menjadi sumber gangguan kamtibmas di lingkungan komunitasnya. Juga untuk memasyarakatkan kamtibmas, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hukum dan kamtibmas serta merupakan wujud partisipasi dalam pembinaan kamtibmas.

Dlam melaksanakan tugasnya Sekom Mitra Polri selalu berkoordinasi dan memberikan informasi kepada masyarakat, aparat berwajib baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah maupun TNI/Polri terhadap adanya gangguan kamtibmas, stabilitas Nasional, dan bencana alam yang dijumpai di manapun anggota Senkom berada.

Dalam pembinaannya Pengurus Pusat sudah melakukan Pelatihan Kamtibmas sampai pada angkatan ke 4 ini, Diklat SAR tingkat nasional bersama dengan Basarnas, BNPB dan lomba PBB memperebutkan piala Kapolri cup.

Berbagai kegiatan, koordinasi di provinsi, kabupaten/kota dilakukan dengan pemerintah untuk mendukung program Pengurus Pusat Senkom, seperti MOU dan kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat juga senantiasa dilakukan, manakalah terjadi bencana Senkom Mitra Polri Rescue selalu membantu masyarakat korban bencana bekerjasama dengan aparat terkait.

PAM Operasi Ketupat dan operasi lilin juga merupakan agenda tahunan yang selalu dilakukan dengan membuka pos pengamanan bergabung atau mandiri mulai Diklantas Mabes Polri, Polda maupu Polres. (Yusuf)
Menembus Jarak Tanpa Batas

Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan

Radio Kamtibmas

Free Shoutcast HostingRadio Stream Hosting

Translate

Video: Senkom Mitra Polri - Antara TV

Fans Page