Kapolda NTT Buka dan Beri Pembekalan pada Anggota Baru Senkom


Senkom.or.id | Kupang - Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Timur Brigjen Pol Drs. Ketut Untung Yoga Ana, SH, MM. membuka Pembekalan Kamtibmas dan Pengetahuan Bela Negara Senkom Mitra Polri Provinsi Nusa Tenggara Timur di Gedung SPN Kupang, (22/3/ 14) pagi tadi, didampingi Wakil Gubernur  mewakili Drs. Frans Lebu Raya Gubernur Nusa Tenggara Timur, Kasi Teritorial Korem 161 Wirasakti Letkol Kav. Jonny Hariyanto dan Ketua Senkom Mitra Polri Pusat Untung Maulana, SH.

Dalam arahannya di depan anggota baru Senkom MItra Polri yang mengikuti acara ini, Kapolda menyampaikan bahwa tugas kita saat ini adalah mengawal pembangunan, turut menjaga kamtibmas di wilayah lingkungan terkecil di sekitarnya, masalah-masalah yang terjadi di lingkungan bukan sebagai masalah dan perlu dikeluhkan, karena anggota Senkom juga merupakan bagian untuk memfasilitasi memecahkan permasalahan yang ada.

Secara simbolis Kapolda membuka ditandai dengan pemakaian rompi kemitraan dan tanda peserta kepada dua orang perwakilan peserta.

Sementara itu wakil gubernur dalam sambutannya mengatakan bahwa wilayah NTT terdiri beberapa kepulauan dan suku serta agama, namun kondisi sampai saat ini masih tetap kondusif, tugas Senkom adalah bagaimana bisa membantu menyampaikan informasi sedini mungkin kepada kepolisian atau pemerintah dalam bermitra untuk membangun komunikasi dalam mendeteksi dini segala kejadian.  

Setelah pembukaan, Kapolda memberikan materi selama 2,5 jam, yang disambut antusias oleh peserta diklat, dilanjutkn materi belanegara oleh Kasi Teritorial Korem 161 WIrasakti, serta dari kesbangpolinmas, BPBD, Dirlantas, Balmon dan pemateri lain.

Kepengurusan Senkom di NTT sudah terbentuk di 4 Kab/kota dan anggota tersebar di beberapa wilayah NTT. Beberapa kegiatan keamanan dan kemanusian telah dilakukan untuk membantu kelancaran masyarakat dalam lebaran dan natal tahun baru bersama dengan kepolisian serta aparat lainnya. Semua itu dilaksanakan atas dasar kemanusian dengan sukarela dan tanpa pamrih.

20 anggota kami tidak bisa mengikuti pembekalan ini, gagal berangkat karena kapal laut di Ende tidak bisa berangkat karena gelombang besar dan anggota lainnya dibatalkan penerbangannya karena ada buritan kapal laut ada di ujung bandara menghalangi pesawat saat akan terbang, kata Yudhi Prastyo, AMd., ST. ketua panitia dalam sambutannya.

Drs. Wahyoe Winarto Ketua Senkom  Provinsi NTT dalam penjelasannya, bahwa terlaksananya pembekalan ini atas pembinaan yang terus menerus dari Polda sebagai pembina Senkom NTT dan hubungan yang baik dengan Dirbinmas Polda NTT selama ini.

Kapolda yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Bali sudah mengenal betul dengan Senkom sehingga, sehingga menyempatkan waktunya disela-sela kesibukannya menjelang pemilu, untuk membuka dan mengisi materi.

Kehadiran Kapolda beserta Wagub merupakan sebuah bentuk perhatian yang besar pada kami, maka kami pun senantiasa memaksimalkan kemampuan kami dalam memberikan informasi dan kamtibmas meskipun jumlah personil Senkom di NTT tidak begitu banyak jumlahnya, tambahnya.

Pembekalan bagi anggota baru Senkom Mitra Polri adalah untuk memberikan wawasan dan menanamkan bagaimana dan apa yang harus dilakukan dalam mengemban tugas sebagai anggota Senkom Mitra Polri untuk menjaga kamtibmas dan bela Negara. (WG).

Posting Komentar

0 Komentar