Polda Sumbar Rangkul Senkom Mitra Polri Untuk Pantau Keamanan PILKADA SERENTAK 2020


Padang, 08/12/2020 – Sehubungan dengan pentingnya peran berbagai elemen masyarakat dalam ikut mensukseskan Pilkada Serentak 2020, Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH didampingi Dirbinmas Kombes Pol Drs. Johni Soeroto memberikan arahan kepada Forum Rembug dan Ormas dibawah koordinasi Ditbinmas Polda Sumbar dalam rangka membantu Polri mewujudkan Pilkada Serentak 2020 yang aman, damai dan sehat di wilayah Sumatera Barat. 

Pemberian arahan Kapolda tersebut berlangsung di ruang rapat Ditbinmas Polda Sumbar dan dilaksanakan setelah Kapolda memimpin apel gelar pasukan anggota Polri BKO pengamanan Pilkada Serentak 2020 di halaman Mapolda Sumbar, Senin (7/12/2020). Dalam arahannya Kapolda Sumbar mengatakan, jumlah polisi yang mengawasi pengamanan Pilkada di Sumbar tidak sebanding dengan jumlah TPS yang ada, bahkan didaerah tertentu ada yang 1 orang Polisi mengawasi 8-9 TPS. untuk itu peran rekan-rekan dari Forum Rembug dan Ormas sebagai sosial kontrol dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif saat hari pencoblosan tentu sangat diharapkan, jalin komunikasi dengan anggota polri yang bertugas dilapangan, segera laporkan jika terdapat potensi gangguan kamtibmas maupun terkait pelaksanaan protokol kesehatan di TPS. Saya mengajak mari sama-sama kita sukseskan perhelatan Pilkada Sumbar 2020 ini, ujar Irjen Toni Harmanto.

Lebih lanjut Dirbinmas Polda Sumbar juga menyampaikan, pada hari pencoblosan tanggal 9 Desember 2020 nanti, Ditbinmas Polda Sumbar membuat posko terpadu di ruang pertemuan Ditbinmas, untuk itu masing-masing perwakilan dari forum rembug dan Ormas supaya mengirimkan perwakilannya untuk sama-sama kita memantau situasi berkoordinasi dengan jajarannya di masing-masing wilayah. Sampaikan kepada rekan-rekan yang memantau di TPS sekitaran tempat tinggalnya supaya memakai seragam kelompok atau Ormas nya masing-masing. Peran serta forum rembug dan Ormas ini sudah kita perkuat dengan ST Kapolda Sumbar No. ST/1345/XII/OPS.4.5/2020 tertanggal hari ini 7 Desember 2020, ujar Dirbinmas.

Ada beberapa wilayah rawan konflik yang telah kami petakan, seperti di Solok Selatan, Pesisir Selatan, Dharmasraya dan Pasaman Barat, ini perlu perhatian ekstra. Ingat, peran forum rembug dan Ormas ini bukan pengamanan langsung, tetapi sifatnya adalah memantau dan melaporkan ke petugas Polri jika terdapat gangguan Kamtibmas maupun terkait protokol kesehatan di area TPS sehingga dapat segera di netralisir oleh TNI – Polri yang bertugas dilapangan. Mudah-mudahan dengan peran semua kelompok masyarakat ini kita bisa mewujudkan Pilkada yang aman dan kondusif di wilayah Sumatera Barat ujar Dirbinmas.

Sementara itu Ketua Senkom Mitra Polri Sumbar H. Noer Hidayatullah yang turut hadir di rapat tersebut mengatakan, Senkom Mitra Polri siap bersinergi dengan kelompok masyarakat lainnya untuk sama-sama mensukseskan Pilkada Sumbar 2020 ini. Tujuan kita sama, yaitu membantu TNI – Polri menjaga situasi kamtibmas yang kondusif dalam pesta rakyat Sumbar ini,  Lebih lanjut dikatakan, untuk mendukung pemantauan situasi saat hari pencoblosan nanti, Senkom Mitra Polri sudah berkoordinasi dengan jajaran Senkom Mitra Polri se Sumbar supaya mengaktifkan saluran komunikasi Senkom Digital Communication ( SDC )nya agar segala informasi penting terkait situasi di lapangan dapat terpantau langsung, ujar H. Noer Hidayatullah.

Turut hadir dalam rapat ini, Wadirbinmas AKBP Zamroni Wibowo, S.Ik.,MH, Ketua Pokdar Kamtibmas Sumbar Triski, Sekwil MPW Pemuda Pancasila Septri, Zaidina Hamzah Kamada Laskar Merah Putih Sumbar, H. Muchfiandi Senkom Sumbar serta beberapa perwakilan pengurus masing-masing forum rembuk dan Ormas yang hadir. (RKI)





Posting Komentar

0 Komentar