Event JRI Dorong Semangat Wirausaha Para Bikers

Senkom.or.id | Berbagai stigma negatif terhadap anak motor - atau yang menyebut dirinya 'bikers' - akan hilang begitu Anda menyaksikan para bikers melakukan kegiatan jalan-jalan bermanfaat yang dinaungi Departemen Pemuda dan Olahraga Senkom Mitra Polri. Kegiatan yang bertajuk Jouney Riders Indonesia (JRI), ini merupakan kegiatan para bikers baik perorangan maupun kelompok (komunitas). Sehingga dalam kegiatan ini akan tampak kerukunan dan kekompakan para riders meskipun berbeda kostum dan bendera.

"Mereka yang ikut serta dalam kegiatan Journey Riders Indonesia berarti telah sepakat untuk melakukan sebuah gerakan positif dan bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain. Semangat ini yang menyatukan banyak riders dari berbagai komunitas dan terbukti antar komunitas bisa saling bekerjasama dengan baik," kata Humas Senkom Mitra Polri, Mahar Prastowo.

Lebih lanjut Mahar mengungkapkan, ketika para riders dan komunitas ini sudah berkumpul, tentu saja ada berbagai kebutuhan yang dapat dipenuhi oleh sesama peserta kegiatan Journey, misalnya souvenir untuk kenang-kenangan hingga berbagai atribut yang jika dikelola dengan baik dapat menggerakkan roda ekonomi, "jika kebutuhan para peserta dapat terpenuhi, ekonomi bergerak, anak-anak muda ini tak akan lagi dipusingkan dengan mencari pekerjaan, mereka bisa menciptakan lapangan kerja sendiri, misalnya yang hobi ngoprek motor bisa membuat semacam bengkel modifikasi," terang Mahar.

Melalui kegiatan journey ini, menurut Mahar juga telah menepis anggapan umum bahwa semua komunitas motor itu sama dengan geng motor. "Julukan geng motor itu kesannya negatif, tapi melalui kegiatan Journey Riders Indonesia, peserta melakukan kegiatan-kegiatan positif yang sebelum kegiatan dilaksanakan, dilakukan pengajuan program dan konsultasi dari penyelenggara ke PP Senkom dan juga kepada pembina."

Sebagai koordinator event Journey Riders Indonesia, telah ditunjuk seorang penghobi motor, Fajar Nuzul Nurilahi, untuk mengorganisir kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Berkat kepiawaiannya, kegiatan Journey telah dilaksanakan di berbagai daerah dengan berbagai kegiatan simpatik, mulai dari kerjabakti di tempat yang jadi persinggahan, menghimpun dan mendistribusikan bantuan bagi warga terdampak bencana, membagikan buku bacaan hingga donor darah dan pengobatan gratis.


[R10]

Posting Komentar

0 Komentar