SENKOM HADIRI KEGIATAN PERTAMA KALI ADA DI INDONESIA

Senkom.or.id | Gowa - Senkom Mitra Polri Kabupaten Gowa hadiri kegiatan latihan peringatan dini dan evakuasi banjir Sungai Jeneberang yang diselenggarakan oleh JICA Expert on Comperhenship Disaster Risk Reduction, Rabu (22/1/2020).

Perlu diketahui, kegiatan ini adalah yang pertama kali diadakan di Indonesia dan JICA memilih Gowa sebagai lokasi diadakannya kegiatan latihan peringatan dini ini. Sebelumnya belum pernah ada kegiatan seperti ini.

Simulasi ini digelar di Kelurahan Pangkabinanga Kecamatan Pallangga. Lokasi ini dipilih karena tahun lalu banjir dari Sungai Jeneberang terbesar berada di lokasi tersebut.

Kegiatan ini merupakan proyek kerjasama JICA bersama BNPB, Kementerian PUPR dan konsultan CTI Engineering International Japan. Serta melibatkan beberapa elemen didalamnya seperti BMKG, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Jeneberang, Senkom Mitra Polri hingga masyarakat yang berada dilokasi sekitar.

Selama ini, yang dilakukan adalah simulasi untuk evakuasi korban bencana saja. Sehingga latihan peringatan dini tersebut bertujuan untuk meminimalisir jumlah korban terutama korban jiwa akibat bencana banjir. 

Karena berfokus bagaimana mengevakuasi masyarakat sejak awal atau kata lain sejak ada deteksi dini. Sehingga ke depan JICA mengharapkan Gowa menjadi pilot project.[BS]

Posting Komentar

0 Komentar