Selamat Hari Batik Nasional

 

Jakarta, 02/10/2022 - United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB telah mengukuhkan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 disidang keempat Komite Antar-Pemerintah yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi Uni Emirat Arab.

Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia internasional oleh Presiden Soeharto saat mengikuti konferensi PBB, Batik Indonesia didaftarkan untuk mendapat status intangible cultural heritage (ICH) melalui kantor UNESCO di Jakarta oleh kantor Menko Kesejahteraan Rakyat mewakili pemerintah dan komunitas batik Indonesia, pada 4 September 2008

Pengajuan itu pun membuahkan hasil pada era pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, pengajuan batik untuk Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi UNESCO diterima secara resmi.

Pemerintah Indonesia menerbitkan Kepres No 33 Tahun 2009 yang menetapan hari Batik Nasional juga dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batikIndonesia.

Sekretaris Jenderal Menteri Dalam Negeri Hadi Prabowo menandatangani Surat Edaran Nomor 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019. Berdasarkan surat edaran tersebut, Kementerian Dalam Negeri mengimbau seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk menggunakan baju batik pada Rabu. 

Ketua Umum Senkom Mitra Polri H. Katno Hadi, SE, MM. menyampaikan "Kenakanlah batik dimomen terbaik anda, mengenakan pakaian batik merupakan salah satu wujud nyata bahwa kita cinta tanah air Indonesia". (HAG)


dikutip dari : https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Batik_Nasional

Posting Komentar

0 Komentar