Laporkan Kendala di Perjalanan! Senkom Mitra Polri Siap Bantu Pemudik 24 Jam

Anggota Senkom Mitra Polri saat bertugas di Poskonas Kementerian Perhubungan Jakarta siap menerima dan meneruskan informasi Mudik 2025

Jakarta – Untuk kelancaran dan keamanan pemudik, Senkom Mitra Polri menyiapkan ribuan titik pengamanan yang tersebar di berbagai daerah dengan didukung sistem komunikasi yang handal, baik menggunakan Analog (HT dan RPU/Radio Pancar Ulang) maupun Digital (Senkom Digital Communication/SDC). Teknologi ini memungkinkan koordinasi yang lebih efektif antara pos pengamanan mandiri dan yang bekerja sama dengan Polri di Pos Pengamanan (Pospam) serta Pos Pelayanan (Posyan).

Hal tersebut disebabkan saat menjelang arus mudik Lebaran 2025, masyarakat semakin membutuhkan perjalanan yang aman, nyaman, lancar dan menyenangkan.. Tantangan tahun ini semakin besar karena kondisi cuaca yang diperkirakan tidak stabil, dengan hujan lebat serta angin kencang yang berpotensi melanda sejumlah wilayah di Indonesia.  

Ketua Senkom Mitra Polri, H. Lukman Abdul Fatah, S.Si., M.Si., menegaskan bahwa keterlibatan Senkom dalam pengamanan mudik merupakan bagian dari implementasi Nota Kesepahaman (MoU) dengan Mabes Polri.

Sebagai mitra strategis Polri, kami berkomitmen membantu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya saat momen mudik Lebaran. Dengan kesiapan personel serta dukungan teknologi komunikasi, kami ingin memastikan perjalanan pemudik berjalan lebih aman dan nyaman," ujarnya di Jakarta, Sabtu (23/3/2025).  

Anggota Senkom.Mitra Polri bersama Polri TNI di Terminal Bus Purabaya Bungurasih Sidoarjo, memberikan edukasi kepada sopir bus untuk mengutamakan keselamatan penumpang yang lagi mudik.

Selain menempatkan personel di pos pengamanan di berbagai daerah, Senkom Mitra Polri juga turut berperan dalam Posko Nasional (Poskonas) Kementerian Perhubungan di Jakarta. Dalam posko ini, Senkom bersinergi dengan berbagai instansi terkait seperti Polri, Kementerian PUPR, BMKG, Jasa Marga, Basarnas, serta organisasi kemasyarakatan lainnya mulai 21 Maret hingga 11 April 2025,

Masyarakat yang mengalami kendala di perjalanan dapat melaporkan kejadian darurat atau insiden lainnya kepada petugas Senkom di titik pengamanan yang telah disiapkan. Laporan tersebut akan langsung diteruskan ke instansi berwenang melalui SDC (Senkom Digital Communication) atau SIC (Senkom Information Centre) jika memerlukan dokumentasi visual seperti foto atau video.  

"Kami akan bertugas selama 24 jam penuh untuk memastikan setiap laporan yang masuk segera diteruskan ke pihak terkait, termasuk Kementerian Perhubungan, agar bisa segera ditindaklanjuti," tambah Lukman.  

Dengan ribuan anggota Senkom yang siap siaga di berbagai lokasi strategis, diharapkan perjalanan mudik tahun ini lebih lancar dan aman. Upaya ini bertujuan agar masyarakat dapat sampai di kampung halaman dengan selamat dan bisa merayakan Idul Fitri bersama keluarga tanpa kendala berarti. (RWG)

Posting Komentar

0 Komentar