Headlines
Published On:Sabtu, 23 Februari 2013
Posted by Senkom Mitra Polri

Pertajam Kemampuan Deteksi Dini, Senkom Gelar Diklat Jurnalistik

senkom.or.id | Jakarta - Pembukaan Diklat Jurnalistik Konflik dan Kebencanaan yang diadakan pengurus pusat Senkom Mitra Polri di Taman Wisata Permata Buana Sawangan Depok (23/2/2013) secara resmi dibuka oleh Dirjen Binmas atas nama Kabaharkam Mabes Polri Komjen Drs.Oegroseno, SH.

Diklat yang dikuti oleh 200 peserta dari utusan tiap kab se Jabodetabekser merupakan kerjasama  Senkom Mitra Polri dengan Mabes Polri, Mabes TNI, Depdagri, Menkominfo, BNPB, KNPI, dalam rangka memperhebat inisiatif dan partisipatif Senkom Mitra Polri dalam deteksi dini konflik dan kebencanaan demi terwujudnya kamtibmas dan kewaspadaan nasional.

Peserta yang mengikuti diklat ini dibekali ilmu jurnalistik, agar disaat sebelum terjadi konflik atau bencana anggota Senkom selain bertugas melaksanakan kamtibmas atau rescue dengan mendata secara akurat setiap detail kejadian yang sesungguhnya di lapangan untuk selanjutnya data tersebut diperlukan dalam tindakan yang perlu dilakukan instansi terkait.

Perkembangan lingkungan strategi, baik global, regional maupun nasional saat ini berpengaruh pada langsung atau tidak langsung terhadap situasi keamanan, seperti konflik yang disebabkan masalah sara, politik, ekonomi maupun sosial.

Dalam menanggulangi berbagai konflik tersebut, tugas Polri semakin berat, maka sesuai dengan grand strategis Polri yang kedua yaitu partnership building, membangun dengan menempatkan masyarakat sebagai mitra sejajar Polri dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepolisian.

Salah satu faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keberhasilan penanganan konflik maupun bencana adalah lambatnya informasi dan kurang efektifnya deteksi dini yang dilakukan petugas di lapangan karena belum bisa memberikan kecepatan informasi secara dini secara maksimal.

Peserta diklat ini diharapkan memahami pentingnya kemampuan deteksi dini dan penyampaian informasi dengan baik, kata Kabaharkam dalam sambutan tertulisnya.

Dengan demikian Senkom bisa menjadi lembaga yang handal dan profesional dalam membantu mewujudkan keamanan dan ketertiban nasional, lanjutnya.

Selain dari nara sumber instansi pemerintahan, juga menghadirkan narasumber langsung dari media seperti RRI, Metro TV, Wide Shot, Warta Kota, Republika dan Tabloid Lugas. (WG)

About the Author

Posted by Senkom Mitra Polri on 08.10. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Senkom Mitra Polri on 08.10. Filed under , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

2 komentar for "Pertajam Kemampuan Deteksi Dini, Senkom Gelar Diklat Jurnalistik"

  1. bambang hadi tri

    asah kemampuan dtekdi dini terus agar kamtibmas di indonesia semakin terjaga

Leave a reply

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Sebaiknya komentar sesuai berita yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Komentar ditayangkan setelah melalui moderasi. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.

Menembus Jarak Tanpa Batas

Radio Kamtibmas

Free Shoutcast HostingRadio Stream Hosting

Translate

Video: Senkom Mitra Polri - Antara TV

Fans Page

Cara Selamat Berkendara

Arsip Berita