Latihan SAR Air Selamatkan Korban Bencana

Senkom.or.id | Sukabumi -  Pelatihan dasar SAR Air diberikan oleh Senkom Kab Sukabumi kepada pengurus kabupaten dan anggotanya (10/3/2013) dengan menghadirkan instruktur tingkat nasional dan pelatih dari Armed dan Marinir.

Latihan ini untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan personil Senkom Kab. Sukabumi pada operasi SAR air.
 
Rangkaian latihan dimulai dengan pemantapan kepada anggota baru Senkom Kab. Sukabumi, bahwa setelah menjadi anggota Senkom supaya turut serta dalam seluruh kegiatan kamtibmas yang dilaksanakan Senkom Kab. Sukabumi. Dalam kesempatan ini juga dibentuk secara resmi pengurus tingkat kecamatan, sehingga di tiap kecamatan ada anggota Senkom yang turut membantu pemerintah dalam bidang kamtibmas.

Pemaparan hasil diklat nasional jurnalistik konflik dan kebencanaan disampaikan oleh Dedie Yudha, S.E. yang juga merupakan peserta dari Sukabumi ketika mengikuti diklat jurmalistik tingkat nasional baru-baru ini 

Dalam paparan Buyung sapaan Dedie Yudha menjelaskan bahwa dalam memberikan pemberitaan itu harus memberikan berita dengan lengkap yang mencakup 5W dan 1H. sehingga berita yang disampaikan akurat dan terpercaya. 

Diharapkan hasil pemaparan ini semua anggota bisa turut membantu dalam proses pencegahan konflik, bencana baik itu sebelum terjadi atau pencegahan terjadinya konflik dan bencana maupun saat terjadi bencana.

Dalam guyuran hujan deras seluruh peserta tidak terkecuali sangat bersemangat dan antusias saat mengikuti diklat SAR air. Pelatih pun sangat bangga melihat semangat seluruh peserta walaupun kondisi hujan deras tetap konsentrasi mengikuti pelatihan. 

Pelatih juga mengatakan bahwa dalam kondisi minimal seperti inilah nantinya proses SAR yang sesungguhnya dan anggota Senkom Rescue harus siap sedia melakukan pertolongan.

Materi latihan yang diberikan adalah bertahan hidup di air baik itu sungai, laut maupun danau. Mulai dari menggunakan alat bantu sampai tanpa alat bantu. Alat bantu seperti botol air mineral, bambu bahkan buah kelapa dapat digunakan untuk bertahan di air. Jika alat bantu tidak ditemukan, maka peserta dilatih cara mengapung di air dengan memanfaatkan udara yang disimpan di dalam perut. 

Selain itu juga dilatih teknik menyelamatkan korban di air dan teknik meloncat ke air. Semua teknik yang diajarkan bertujuan agar korban dan tim SAR dapat sama-sama selamat dari bencana yang terjadi di air seperti kapal tenggelam. 

“Seluruh peserta tampak antusias sekali, saya bangga” kata Ketua Pengda Senkom Kab. Sukabumi, H. Suridi. Ini sebagai bekal mereka dalam melaksanakan tugas sehingga dengan ilmu ini mereka siap menjalankan tugas, tambah Suridi yang juga mengikuti latihan ini.

Senkom.or.id
Editor : Yusuf EM

Posting Komentar

0 Komentar