Headlines
Published On:Jumat, 17 Mei 2013
Posted by Senkom Mitra Polri

Latihan Gabungan SAR Senkom Sukabumi dan Depok

Senkom.or.id | Sukabumi : Pagi itu begitu cerah, matahari menyinarkan cahaya abadinya, anggota Senkom Sukabumi juga melaksanakan aktifitas sehari-hari melaporkan dan mendengarkan informasi kamtibmas, tiba-tiba ada yang melaporkan, bahwa pesawat terbang jatuh di wilayah Salabintana Sukabumi.

Ketua Senkom Sukabumi dan Depok segera koordinasi, personil Senkom Sukabumi dan Senkom Depok dipersiapkan dengan kelengkapan yang akan dibawa.

Sembilan regu SAR sudah berkumpul dan mendapatkan pengarahan dari komandan untuk langkah selanjutnya. Regu pertama berangkat menyusuri sungai yang semalam diguyur hujan. Licinnya batu-batu sungai tidak menghalangi semangat seluruh anggota Senkom rescue untuk langsung bergerak menuju tempat jatuhnya pesawat yang belum diketahui titik koordinatnya.

Regu SAR melewati medan yang cukup berat untuk mencari lokasi jatuhnya pesawat, dengan menggunakan petunjuk arah kompas dan arahan dari pusat pengendali komunikasi bahkan harus menggunakan keahlian memanjat agar bisa melewati medan yang terjal karena lokasinya di tengah hutan.

Regu 1 menemukan korban pertama setelah menyusuri sungai, segera anggota Senkom Rescue melakukan pertolongan dengan keterampilan penyelamatan pertama pada korban. Anggota regu 1 dapat menyelamatkan korban. Korban selamat yang ditemukan selanjutnya dibawa menuju tempat evakuasi korban.

Korban dibawa dengan menggunakan tandu yang dibuat sendiri di tempat kejadian dengan memanfaatkan tongkat dengan tali seadanya.

Setelah melewati kondisi yang cukup berat, semua korban jatuhnya pesawat ini dapat diselamatkan dan seluruh anggota Senkom rescue dapat kembali ke pos utama yang berada di Taman Wisata Salabintana untuk melaporkan situasi kejadian kepada komandan.

Simulasi pertolongan kecelakaan jatuhnya pesawat dilakukan oleh 115 anggota gabungan Senkom Sukabumi dan Kota Depok (12/5/13) di Taman Nasional Salabintana Kab. Sukabumi dengan instruktur yang telah mendapatkan pelatihan dari BASARNAS, BNPB dan Pengurus Pusat Senkom Mitra Polri.

Latihan gabungan SAR ini untuk melatih keterampilan anggota SENKOM agar dalam keadaan darurat dapat memiliki kemampuan yang mumpuni dalam proses evakuasi korban.

Mudah-mudahan pelatihan SAR bersama ini dapat meningkatkan keterampilan anggota SENKOM menjadi lebih baik lagi, baik dari segi pengetahuan maupun dari segi keterampilan, kata ketua Senkom Sukabumi.

Acara ini juga dimanfaatkan oleh anggota Senkom untuk lebih saling mengenal antara anggota Senkom Sukabumi dengan Kota Depok, sehingga silaturahim dapat selalu terjalin dengan baik.

Ketua Senkom Depok mengatakan, ajang silaturahim ini sangat bermanfaat bagi kami dalam hal bertukar pengalaman dalam kegiatan Senkom.

Seluruh anggota Senkom Kota Depok, mengikuti acara ini dengan touring menggunakan 35 sepeda motor. Ketertiban seluruh anggota diperlihatkan dengan tetap mengikuti seluruh rambu-rambu dan aturan lalu lintas sehingga seluruh anggota menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas..(Andrianto)

www.senkom.or.id
Editor: Yusuf Em





About the Author

Posted by Senkom Mitra Polri on 21.27. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Senkom Mitra Polri on 21.27. Filed under , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Latihan Gabungan SAR Senkom Sukabumi dan Depok"

Leave a reply

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Sebaiknya komentar sesuai berita yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Komentar ditayangkan setelah melalui moderasi. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.

Menembus Jarak Tanpa Batas

Radio Kamtibmas

Free Shoutcast HostingRadio Stream Hosting

Translate

Video: Senkom Mitra Polri - Antara TV

Fans Page

Cara Selamat Berkendara