Satuan Pengamanan Yang Tidak Merokok

Senkom.or.id | Tulang Bawang - Kampung Suka Bakti Kec. Gedong Aji Baru Kab. Tulang Bawang menjadi tuan rumah sekaligus finalis yang mewakili Lampung untuk ajang Lomba kegiatan kesatuan gerak PKK-KB-KESEHATAN tingkat nasional, (25/2/14) setelah pada bulan Desember 2013 yang lalu menang dalam lomba kesatuan gerak PKK-KB-KESEHATAN tingkat Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya Bupati Tulang Bawang mengatakan bahwa suatu kebanggaan bagi Tulang bawang bisa mewakili Lampung untuk ajang tingkat nasional, ini semua bisa kita peroleh atas kerja keras semua tim yang Ada mulai dari tingkat RT, RW dan sampai tingkat kabupaten.

Tim juri dari pusat menilai kondisi rumah warga, mulai dari kemana menghadapnya, bagaimana kondisi ruangannya, bahkan bagaimana dan seperti apa kondisi tempat MCKnya.

Tim juri tingkat nasional ini sidak ke beberapa rumah warga, sempat kaget ketika masuk ke sebuah rumah milik H Supri yang juga anggota aktif Senkom Mitra Polri Gedong Aji yaituTim juri melihat kamar mandi yang luas, dengan bak mandi berkapasitas 1500L dengan kaca cermin yang membentang luas di depannya, serta kloset yang sangat unik yaitu berkedalaman sekitar 35 cm, lebar 15 cm panjang 30 cm.

Ketua TP-PKK Tulang bawang tentang kondisi kloset unik ini mengatakan, selama saya berkeliling di daerah Tulang Bawang baru kali ini menjumpai kloset yang unik ini, dan ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan anggota tubuh keluarga karena tempat MCK yang sangat ideal ini adalah tempat yang wajib dimiliki setiap rumah agar rumah tersebut bisa dikategorikan rumah sehat, ujarnya.

Dan saya akan sosialisasikan bentuk kloset unik ini ke jajaran Dinkes Tulang Bawang agar bisa diteruskan dan dicontoh oleh seluruh masyarakat Tulang Bawang khususnya sehingga Tulang Bawang bisa menjadi contoh bagi kabupaten lain di Lampung ini, bahkan bisa menang dan menjadi contoh buat kabupaten lain di seluruh Indonesia, tambahnya.

H. Supri pemilik kloset tersebut menjelaskan, sengaja membuat disain kloset semacam itu sehingga ketika buang air kecil maupun besar maka kecil kemungkinan cipratan  najis dan kotoran ke orang yang buang hajat di atasnya.

Selain penilaian terhadap rumah, drainase, taman, makanan, tempat pelayanan kesehatan secara khusus tim penilaian beserta panitia acara ini juga memberikan penilaian khusus kepada kepada satgas SENKOM MITRA POLRI,  yang terjun langsung ke lokasi. 38 personil yang diturunkan tidak satupun dari mereka yang merokok, ini sesuai dengan peraturan acara pada hari ini bahwa  peserta ataupun tamu undangan atau satuan pengamanan tidak boleh merokok di areal lapangan tempat lomba diadakan.

Setelah selesai pengamanan ini semua anggota Senkom menandatangani dan menyerahkan kepada panitia lomba berupa pakta integritas yang salah satu pointnya adalah sanggup tidak merokok dan yang menjurus pada narkoba, apabila melanggar siap diberhentikan dari organisasi dan dikenakan hukum yang berlaku.

Baru kali ini ada organisasi yang berani dan taat menandatangani surat semacam ini, kata
Suryo salah satu panitia. ( Rizal Putra Milda).

Posting Komentar

0 Komentar