Kelud Siaga, Pengungsi Boleh Pulang

Senkom.or.id | Kediri - Status Gunung Kelud diturunkan dari Awas (level IV) menjadi Siaga (level III)  oleh PVMBG, per hari ini, Kamis (20/2). Demikian bunyi rilis yang diterima redaksi dari Pusat Data dan Informasi BNPB.

Data aktivitas vulkanik sejak 14/2 hingga 20/2, tidak ada gempa-gempa vulkanik dan tremor sehingga Kelud tidak akan meletus lagi. Tidak ada aktivitas masyarakat di radius 5 km dan di bantaran sungai dari ancaman lahar hujan.

Kepala BNPB, Syamsul Maarif, menjelaskan dengan diturunkan status Siaga maka masyarakat boleh pulang. Tapi masyarakat harus tetap waspada terhadap ancaman lahar hujan.

Selanjutnya, penanganan pemulangan pengungsi dan perbaikan rumah dan sarana prasarana akan dipimpin Gubernur Jatim. Pemerintah pusat akan tetap mendampingi pemda dalam penanganan bencana.

Syamsul Maarif juga menyampaikan terima kasih kepada segenap pihak mulai dari Pemda Prov Jatim, Pemda Kabupaten Kediri, Blitar, Malang, Jombang dan Kota Batu bersama TNI, Polri, serta segenap unsur termasuk relawan dan masyarakat yang telah melakukan penanganan dengan kompak, memiliki solidaritas dan kesiapsiagaan tinggi.

Gubernur juga telah langsung mengalokasikan dana untuk penanganan hingga rehabilitasi dan rekonstruksi nantinya.

Gubernur Jatim, Sukarwo, mengatakan telah mencairkan Rp 100 milyar untuk penanganan perbaikan kerusakan fisik. Rp 1 milyar telah disiapkan untuk belanja material.

Data kerusakan akan dilakukan verfikasi hingga Sabtu (22/1) secara berjenjang dari kelurahan, kecamatan dan Universitas Brawijaya sebagai fasilitator.

Organisasi telah disusun dengan 3 cluster yaitu cluster pemulangan pengungsi dipimpin Wagub Jatim, cluster ketertiban masyarakat dipimpin Kapolda Jatim dan cluster perbaikan rumah dan sarana prasarana oleh Pangdam Brawijaya.

"Rumah, air bersih dan listrik adalah prioritas utama," ujar Gubernur.

Hari Minggu (23/2) akan dikerahkan material untuk perbaikan kerusakan. Kemudian pada Senin - Selasa (24-25/2) akan dilakukan perbaikan fisik oleh TNI, Polri, SKPD dan relawan. "Target 2 minggu harus selesai semuanya," tegas Gubernur. (Humas)

Foto: Relawan Senkom Rescue sedang mengawal pemulangan pengungsi.

Posting Komentar

0 Komentar