Senkom Mitra Polri Antisipasi DBD

Senkom.or.id | Bekasi - Curah hujan yang meningkat di Februari ini, membuat beberapa daerah di nusantara tergenang hingga ada yang banjir , tidak terkecuali di Komplek Sumber Artha, Bekasi, Jawa Barat. Yang merupakan penyanggah Ibu kota Jakarta.

Genangan di beberapa ruas jalan yang tanpa kita sadari, menjadi ladang subur berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti yang merupakan jenis nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah.

Sebab itulah, warga bersama Sentra Komunikasi (SENKOM) Mitra Polri, Sektor Jaya 07 berinisiatif untuk melakukan bersih-bersih saluran air, mengubur kaleng-kaleng bekas yang mengakibatkan kantung air, hingga penyemprotan nyamuk (fogging).

Titik rawan perkembangbiakan nyamuk menjadi fokus utama dalam kegiatan sosial ini. Hal tersebut di sebutkan H. Heriyanto, SH, SAg, ketua SENKOM Sektor Jaya 07, di sela-sela memimpin timnya dilapangan, saat kerja bakti.

“Mengingat bahwa ini pasca banjir, kita focus jangan sampai ada tempat genangan dan kantung-kantung air, yang disinyalir untuk tempat jentik-jentik nyamuk.”

Adanya foging ini memang dirasa cukup efektif dalam pemutusan mata rantai hidup nyamuk, namun lingkungan yang bersih tetap menjadi salah satu faktor utama terjaganya kesehatan masyarakat.

Manfaatnya pun dirasakan langsung oleh masyarakat setempat, dan berharap kegiatan sosial ini, bisa diadakan terus secara rutin.

“Manfaatnya kesehatan, mencegah penyakit DBD, Alhamdulillah ada bantuan tenaga dan semprotan ini nih, kita mah berharap tidak ada yang sakit, malah bagus jadi bersih, air bisa ngalir.” Ujar Muradi, Ketua RT, yang ikut membantu gotong royong bersama warganya.

Hal ini sesuai dengan kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati, kebersihan bagian dari iman. (aan)

Posting Komentar

0 Komentar