Wakapolres Purbalingga Kompol Sopanah SiK Buka Pelatihan Tracer

Senkom.or.id - PURBALINGGA - Menindak lanjuti program Polda Jateng dan Pengurus Pusat Senkom Mitra Polri, Polres Purbalingga dan Senkom Mitra Polri Purbalingga melakukan pelatihan tracer Covid-19 di gedung pertemuan Kelurahan Karangmanyar Purbalingga Jawa Tengah, Rabu (30/6/2021).

Pelatihan ini dalam rangka mendukung upaya percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Purbalingga dan Jawa Tengah umumnya sebagai tindak lanjut pelatihan Tracer Covid 19 yang diselenggarakan Dirbinmas Polda Jateng.

Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Purbalingga, R Nur Aziz, AMd didampingi Wakil Ketua 1 Senkom Jateng DR Khotimul Husein MSi menjelaskan bahwa Senkom Mitra Polri siap membantu Polri dan Pemerintah dalam tracer Covid 19.

Semboyan 'Siaga Saat Aman dan Ada Saat Dibutuhkan' harus menjadi jiwa dan semangat relawan Senkom. Hal ini sesuai 3 bidang pengabdian Senkom Mitra Polri yaitu kamtibmas, kebencanaan, dan bela negara. 
Kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh anggota Senkom se-Kabupaten Purbalingga.

Pelatihan dibuka langsung oleh Wakapolres Purbalingga Kompol Sopanah SiK dan dihadiri Kasat Binmas Polres Purbalingga AKP Siswanto SiP beserta pejabat utama Polres Purbalingga dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga Kusmanto S Kep.

Wakapolres Kompol Sopanah memberikan apresiasi pada Senkom yang telah turut berperan aktif membantu tugas polri khususnya dalam hal penanganan dan pencegahan Covid 19.

Di masa pandemi ini, peran aktif masyarakat bersama Babinkamtibmas penting untuk memutus dan mencegah mata rantai penyebaran COVID-19.

"Kuasai materi pelatihan, sehingga memiliki kemampuan yang handal untuk memutus mata rantai Covid-19, dan sosialisasikan 5M dan Protokol kesehatan pada masyarakat", demikian pesan Wakapolres.

Wakapolres menambahkan, Senkom tidak hanya ahli tracing tetapi juga sebagai corong Polri untuk mendidik masyarakat tentang 5M, Protokol Kesehatan, dan menjaga kesehatan.

Dalam tugasnya Senkom Mitra Polri selalu bersinergi dengan tiga pilar setempat yaitu Babinsa, Babinkamtibmas, dan dinas terakit.

Kusmanto, S.Kep Kepala seksi pemberantasan penyakit yang menjadi pemateri memberikan materi dengan jelas dan diharapkan mampu dipraktikkan peserta pelatihan.

Sementara itu, Kasatbinmas, AKP Siswanto menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap peran serta Senkom Mitra Polri dan mendukung kegiatan ke-4 Senkom se jateng ini.

"Karena ada 239 desa se Purbalingga yang masih membutuhkan tenaga tracer dan harus ada pendekatan kepada masyarakat," ujar AKP Siswanto.

Kapolres yang pada saat acara sedang rapat dengan bupati se Korda Banyumas dengan Korem di Purwokerto dalam pesan via telepon berjanji akan memfasilitasi Senkom untuk menjadi satgtas relawan traces covid-19 di Purbalingga.
Kapolres juga menyingung pentingnya community police untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada di masyarakat.
Wakil Ketua Senkom Jateng menambahkan kegiatan pelatihan ini diharapkan bisa secara terus menerus dilaksanakan dengan daring di studio Polres dan bisa diikuti anggota Senkom Mitra Polri se Purbalingga.

Harapannya ke depan agar kegiatan traser ini terus di laksanakan di tingkat kecamatan , desa, RW, RT dan keluarga dan terus menerus sampai covid 19 hilang dari dunia ini. 

Dalam kegiatan pelatihan ini Kasatbinmas membagikan masker secara simbolis  kepada kepada seluruh peserta.

Posting Komentar

0 Komentar