Implementasi Bela Negara Dalam Kehidupan Sehari-Hari

 



Jakarta, 19/12/2021 - Diklat Nasional Bela Negara yang diselenggarakan oleh Senkom Mitra Polri pada 16 Desember 2021 sudah terlaksana dengan sukses, tercatat ada 300 anggota mengikuti secara luring di Pusdiklat Senkom Mitra Polri di Jl. H. Hanafi No.33, Serua, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat dan diikuti secara daring oleh lebih dari 11.700 anggota diseluruh Indonesia serta tamu undangan dari Forkopimda,  TNI, Polri, BPBD, serta Kesbangpol melalui Senkom Digital Communication (SDC) dan Zoom di 430 Kabupten/kota, 34 provinsi.

 


Pasal 27 Ayat (3) UUD 1945 menyebutkan, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya Pembelaan Negara. Kemudian, Pasal 30 Ayat (1) menjelaskan, bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

 


Mayjen Dadang Hendrayudha Dirjen Pothan Kementerian Pertahanan dalam materinya menyampaikan “ Indonesia dapat berdiri karena persamaan yang terwujud dalam Pancasila, kita seperti sekarang ini tidaklah GRATIS… Pahlawan yang menyiapkan ini untuk kehidupan kita sekarang, apa yang mereka korbankan demi kita, harta, nyawa … tetapi mereka tidak menikmati, mereka tidak bisa menikmati hasil perjuangannya, namun mereka rela demi kita, Lalu bagaimana dengan kita sekarang ini?, BANGGAKAH KITA SEBAGAI ORANG INDONESIA ? kita tanpa sadar telah merusak negara ini dengan keburukan seperti Korupsi, Kolusi, Nepotisme, Kemiskinan, Pengrusakan Alam, Pembalakan Liar, Pencucian Uang, Aksi Terorisme, kita justru membawa negeri ini menuju kehancuran APAKAH KITA MAU SEPERTI ITU?.

 


Penyampaian materi  Diklat Bela Negara yang santai,  serius, penguasaan materi, penguasaan audien serta karisma Mayjen Dadang Hendrayudha seakan telah menghipnotis ribuan peserta diklat, SEMANGAT BUSHIDO tentang etika sebagai prinsip dasar dalam kehidupan sehari-hari, kejujuran, bertanggung jawab, hormat pada hak orang/warga lain, cinta pada pekerjaan, mau bekerja keras, tepat waktu merupakan jawaban sederhana dari pertanyaan bagaimana implementasinya Bela Negara dalam kehidupan kita sehari-hari, tanpa harus menjadi anggota TNI atau Polri.

 


H. Suparman Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Cianjur menyampaikan “Diklatnas Bela Negara secara Daring diikuti 65 Anggota Senkom Mitra Polri Kabupaten Cianjur dan dihadiri Dandim 0608, KasatBinmas, Kesbangpol dan beberapa Babinsa, Babinkamtibmas Kabupaten Cianjur, semua merespon positif dan materi Bela Negara dapat dimasukan dalam program kerja Senkom Mitra Polri Kabupaten Cianjur di tahun 2022 untuk disosialisasikan kepada masyarakat”.

 


Ucapan Senada disampaikan H. Ghoni Bidang Humas Senkom Mitra Polri Kota Solo “ Materi Bela Negara pas Mantab, cocok dengan kondisi bangsa indonesia saat ini,  Semangat Bela Negara Bisa Dijadikan Modal untuk Atasi Krisis Akibat Pandemi Covid-19”. (HAG)



Posting Komentar

0 Komentar