Waspadai Penyakit Pasca Bencana Banjir

 


Jakarta 9/01/2022 - Sudah sejak bulan Oktober 2021 Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah memprediksikan bahwa curah hujan mengalami peningkatan akibat dampak dari fenomena La Nina pada akhir tahun 2021 dan awal tahun 2022 diberbagai wilayah Indonesia.

 


Pemerintah baik Pusat maupun daerah sudah melaksanakan mitigasi bencana hidrometerologi guna mengetahui daerah-daerah yang memiliki potensi banjir, tanah longsor dan angin puting beliung sehingga dapat dilakukan pengawasan sebelum musibah terjadi agar dapat mengurangi jumlah korban.

 


“Kapolda Aceh Irjen. Pol. Drs. Ahmad Haydar, S.H., M.M. mengunjungi Pos Pelayanan Terpadu Lhoksukon Ops Lilin Seulawah 2021 berubah menjadi pos pelayanan korban banjir karena ada 14 Kecamatan yang terendam banjir dalam rangka memberi bantuan sosial”. Ucap Salman Batubara anggota Senkom Mitra Polri Aceh Utara.

 


Sementara Senkom Mitra Polri Kota Jayapura membantu membersihan rumah warga dan Polsek Jayapura Selatan Kota Jayapura pasca banjir di Distrik Jayapura Selatan yang terjadi tanggal 6-7 Januari 2022.

 


Ketua Umum Senkom Mitra Polri H. Katno Hadi, SE menyampaikan “Sebagian wilayah Indonesia mengalami bencana banjir mulai dari Aceh, Jambi dan yang terakhir berita banjir di Papua, Untuk itu saya menginstruksikan agar pengurus propinsi, kota atau kabupaten segera berkoordinasi meningkatkan kerjasama yang baik dengan pengurus pusat dan instansi terkait saat mengirimkan personil ke daerah bencana serta di cek potensi yang dimiliki dan dilengkapi surat tugas resmi”.

 


Mendukung instruksi Ketua Umum Senkom Mitra Polri, dr. Dani Pramudya, SpEM Deputi Kesehatan Senkom Mitra Polri mengingatkan “Waspadai penyakit yang biasanya timbul pasca-banjir diantaranya Leptospirosis, Diare dan demam tifoid, Demam berdarah dengue (DBD), Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), Asam lambung, Flu dan demam, Infeksi kulit, cegah penyakit tersebut dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan pasca banjir, cegah anak-anak untuk tidak bermain-main di air banjir, konsumsi makanan dan minuman yang fresh dan higienis serta konsumsi suplemen yang berisi multivitamin dan mineral, patuhi protokol Covid-19 dengan selalu melaksanakan 5M”. (HAG)



Posting Komentar

0 Komentar