Semar Mbangun Kayangan

 


Jakarta, 03/07/2022 – Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke 76 Mabes Polri menggelar seni budaya Wayang Kulit dengan lakon Semar Mbangun Kayangan dengan 3 dalang yaitu Ki Anom Dwijokangko, S.Sn, Ki Anom Sutrisno, SH, dan Ki Yanto, SH. MH dengan bintang tamu Endah Laras, Eka Kebumen serta Kirun dan Marwoto di Lapangan Trunojoyo Mabes Polri pada hari Sabtu (02/07/22) mulai jam 20:00Wib

 


Dalam sambutannya Kapolri Jenderal Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.menyampaikan bahwa “Kegiatan wayang kulit satu layar tiga dalang yang masih satu rangkaian dalam momentum HUT Bhayangkara ke-76 ini, juga wujud dari komitmen Polri untuk terus bisa dekat dan melebur bersama dengan masyarakat Indonesia”.

 


Wayang kulit merupakan seni tradisional Indonesia yang berkembang di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang berasal dari kata "Ma Hyang" yang berarti  menuju kepada Tuhan Yang Maha Esa namun ada juga yang mengartikan wayang sebagai "bayangan" karena penonton menyaksikan wayang dari balik kelir atau dibalik bayangan layar yang disorotkan lampu listrik atau lampu minyak (blencong).

 

Wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh dalam pewayangan dengan diiringi oleh musik gamelan yang dimainkan sekelompok nayaga dan tembang yang dinyanyikan oleh para pesinden.

 


Jasmanto anggota Senkom Mitra Polri asal Madiun  merasa senang mendapatkan undangan dari Mabes Polri bisa menyaksikan langsung dan berfoto bersama dalang kesayangannya Ki Anom Dwijokangko, “Sejak awal pandemi covid-19 baru kali ini saya bisa menyaksikan wayang kulit kembali , ibarat panas 2 tahun dihapus hujan sehari” kelakarnya.

 


Sementara Sekjen Senkom Mitra Polri H. Arif Nurokhim, SH menyampaikan “Wayang adalah warisan budaya, kekayaan intelektual bangsa yang mengisahkan nilai-nilai luhur kehidupan sosial masyarakat dalam berbangsa dan bernegara yang harus kita lestarikan, malam ini kita semua berbahagia bisa berkumpul menonton wayang kulit memeriahkan Hari Bhayangkara ke 76, apalagi tadi ada anggota Senkom Mitra Polri yang mendapatkan sepeda dan voucer, Terimakasih Polri atas pengabdiannya yang luar biasa selama ini.”.(HAG)



Posting Komentar

0 Komentar