Diklat Peningkatan Kapasitas Kemampuan Senkom Mitra Polri

 

Klaten, 23/10/2022 – Diera revolisi industri 4.0 setiap anggota Senkom Mitra Polri dituntut untuk bisa memberikan kontribusi nyata dalam keamanan dan ketertiban masyarakat dilingkungannya, kesiap-siagaan dalam penanggulangan bencana, serta quick respon dalam bela negara.

Bertempat di obyek wisata Girpasang Klaten, Senkom Mitra Polri Kabupaten Sukoharjo melaksanakan diklat peningkatan kapasitas kemampuan diikuti 40 anggota Senkom Mitra Polri dengan pemateri dari anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hadir sebagai pemateri Kaminvet Kabupaten Klaten Mayor Inf. Puji Mulyono dan Babinsa Koramil 05/Jatinom Sertu Haryanto didampingi Provos TNI AU Yogyakarta Sertu Syaifudin Mega Untoro.

Pemateri navigasi darat Mayor Infantri Puji Mulyono menyampaikan “Antusias anggota Senkom Mitra Polri Kabupaten Sukoharjo sangat bagus,  target materi navigasi darat dengan alokasi waktu 1 1/2 jam, ternyata dapat diserap dengan baik serta mampu memecahkan contoh soal yang diberikan dan bisa menyebutkan koordinat dan menentukan titik koordinat 8 angka dengan tepat, bagi saya ini merupakan  prestasi dan nanti apabila dibutuhkan saat terjun langsung dalam penanggulangan bencana baik di darat, laut, udara atau saat mendapat tugas dari kepolisian ilmu navigasi ini bisa bermanfaat," ujar Puji.

 

Sementara sertu Haryanto memaparkan materi PBB teori dan praktek mengatakan latihan baris - berbaris (PBB) berguna untuk membentuk karakter ketaatan, kerukunan, kekompakan serta disiplin dalam menjalankan suatu perintah.

Sertu Syaifudin Mega Untoro menambahkan “Kami dilibatkan dalam diklat Senkom karena kami sudah kenal baik, kami sudah sering berinteraksi bekerjasama dengan Senkom disaat pengamanan hari besar keagamaan, penanggulangan bencana termasuk kegiatan saat ini merupakan bagian dari tugas TNI dalam pembinaan masyarakat menjaga keamanan wilayah”.

Koordinator pelaksanaan diklat Senkom Mitra Polri Kabupaten Sukoharjo Suyatno mengatakan kegiatan pendidikan dan latihan  sebagai bagian dari tupoksi Senkom Siaga Saat Aman Ada Saat Dibutuhkan dalam memperkuat 3 klaster, yaitu klaster kamtibmas, klaster kebencanaan dan klaster bela negara, (Bayu/HAG)

Posting Komentar

0 Komentar