Kapolres Mimika Buka Diklat Deteksi Dini Senkom Mitra Polri

TIMIKA - Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Kabupaten Mimika menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) Intelejen Deteksi Dini, di Hotel Cenderawasih 66 pada Sabtu (11/5)

Diklat ini mengusung tema “Peningkatanse Kapasitas Anggota Senkom Mimika di Bidang Intelejen Deteksi Dini untuk Mengetahui Setiap Perkembangan Ancaman Kamtibmas yang Mungkin Berkembang”

Kegiatan dibuka Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, yang ditandai dengan penabuhan tifa, dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Mimika, Yan Selamat Purba, Kasat Intelkam Polres Mimika, AKP Budi Santoso, yang juga menjadi pemateri Diklat, Kapolsek Mimika Baru, AKP J Limbong, Pasiter Brigif Raider 20/IJK/3 Kostrad, Kapten Inf Sutarwo, Pembina Senkom Mitra Polri, Senkomwati dan sejumlah Ketua Ormas di Timika.

Ketua Panitia Diklat, Afdol Rozak Setiawan dalam sambutannya mengpresiasi Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Badan Kesbangpol yang telah memberi dukungan dana sehingga acara ini bisa terlaksana.

“Terima kasih kepada Kapolres Mimika yang telah mendukung kegiatan ini dan mengapresiasi semua peserta Diklat yang hadir tepat waktu di tempat kegiatan dan kami berharap semua pihak yang hadir terus meningkatkan sinergi dan kolaborasi, saling mendukung untuk menciptakan lingkungan yang aman, tertib, kondusif di Kabupaten Mimika,” ujarnya.


Selain itu, Ketua Senkom Mitra Polri Mimika, Fadly Goo dalam sambutannya mengatakan organisasi yang dipimpinnya itu merupakan kelompok masyarakat yang ingin berperan membantu menginformasikan dan membantu pengamanan di lingkungan masing-masing atau di mana saja Senkom berada.

“Untuk bisa menjaga dan mewujudkan hal ini kita melakukan Diklat hari ini, karena untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan di lapangan tidak hanya bermodalkan fisik semata, penampilan yang bagus tapi harus disertai dengan ilmu. Hari ini boleh kita jawab satu persatu mudah-mudahan ke depan kita bisa lakukan Diklat lagi. Tahun kemarin kami sudah lakukan Diklat dengan Kasat Lantas, Pengurus dan Anggota Senkom sudah dibekali dengan ilmu. Ini untuk membuat kita disiplin dan patuh pada aturan-aturan, itu yang paling penting. Setelah kita menyadari semua itu baru kita pergi ke lapangan,” ungkapnya


Ia berharap semua peserta bisa mengikuti kegiatan sebaik-baiknya.

“Setelah ini kita akan pilih beberapa peserta untuk didik di Jakarta dan daerah lainnya,” ucapnya.

Sementara itu Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, dalam sambutannya mengatakan banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan bersama antara Polres Mimika, Senkom Mitra Polri dan dukungan masyarakat sehingga situasi dan kondisi terkhususnya berkaitan dengan keamanan dan ketertiban Kabupaten Mimika, sampai saat ini masih bisa dikelola dengan baik.

“Dalam setiap kesempatan kami selalu menyampaikan kami ini tidak apa-apanya tanpa peran serta, tanpa kerja sama tanpa informasi dari bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian. Keterbatasan kami baik personil, sarana prasarana. Tanpa dukungan dari seluruh lapisan masyarakat kita tidak akan bisa berbuat banyak,” jelasnya

Ia mengapresiasi kehadiran Senkom di Kabupaten Mimika dengan jumlah anggota yang cukup besar, mau bekerja karena panggilan hati, tanpa mengharapkan apa-apa dengan penuh keikhlasan, dengan penuh ketulusan ikut berperan serta berjibaku bersama-sama aparat keamanan.

“Saya merasa bangga dengan kehadiran bapak ibu sekalian dengan jumlah yang yang banyak. Kami harapkan semangat dan kebersamaan dari bapak ibu sekalian tetap dijaga,” ujarnya.

Ia menyebutkan belum nampak keberagaman dalam keanggotaan Senkom Mitra Polri, semua anggota dan pengurus umumnya dari Sulawesi dan Jawa sementara keberadaan organisasi ini ada di Tanah Papua, sehingga ia berpesan untuk mengajak dari suku lain untuk memiliki kepedulian yang sama.

“Mari kita sama-sama ajak saudara-saudara kita sehingga teman-teman kita maupun saudara-saudara kita juga memiliki kepedulian yang sama, yaitu bagaimana bersama-sama menjaga toleransi, menjaga kebersamaan dan bersama-sama menjaga situasi dan kondisi keamanan yang ada di Kabupaten Mimika,”tutupnya. (moa)

Posting Komentar

0 Komentar