Penanganan Sinabung dan Dukungan Potensi Nasional

Senkom.or.id | Jakarta - Penanganan bencana khususnya masyarakat pengungsi akibat erupsi gunungapi akan terus dilaksanakan sampai dengan kondisinya dinyatakan aman oleh PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM. BNPB selaku komando Satgasnas selain memberikan bantuan dana siap pakai, bantuan logistik-peralatan dan pendampingan penanganan darurat, juga telah mengkoordinasikan KL untuk terus memberikan dukungan dan bantuan bagi penanganan bencana erupsi terutama yang difokuskan pada penanganan masyarakat yang berada di pengungsian.

Dukungan dari masing - masing KL tersebut antara lain:

Kemensos memberikan bantuan kebutuhan dasar kepada masyarakat pengungsi termasuk menyiapkan layanan pendampingan psiko-sosial, termasuk mobilisasi 248 tagana yang berasal dari wilayah Sumut.

Kemenkes memberikan bantuan obat obatan, mobilisasi tenaga kesehatan, dan pemenuhan kebutuhan layanan kesehatan.
Kemen PU, memberikan bantuan penyediaan air beraih dan sanitasi di lokasi lokasi pengungsian.

BASARNAS telah mengerahkan 26 personil sejak September 2013 dengan tambahan 10 personil dari KanSAR Medan dan 10 personil dari KanSAR pekanbaru, kerjasama dengan TNI/Polri serta mengkoordinasikan potensi SAR yang ada seperti Rescue Senkom Mitra Polri  dan tempatkan dilokasi sampai dinyatakan aman.

Selain terkait dengan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat pengungsi, Pemerintah telah menyiapkan kebijakan bagi pemulihan awal kegiatan sosial ekonomi masyarakat, agar masyarakat kembali berdaya, memiliki semangat yang antara lain meliputi.

Kemenkop dan UMKM, akan menyiapkan program bantuan KUR, bantuan produksi UMKM dan rehabilitasi pasar tradisional terdampak.

Kemen PU, melaksanakan survey kesiapan lahan relokasi dan updating data KK relokasi. untuk pelaksanaannya setelah ada kepastian lahan oleh pemda.

Kemendikbud akan memberikan bantuan beasiswa, BOS, dan pemulihan layanan pendidikan mulai tingkat dasar sampai dengan pergirian tinggi.

Kemenag akan memberikan bantuan beasiswa, BOS bagi siswa pendidikan keagamaan dengan besaran yang sama dengan Kemendikbud, memberikan bantuan bagi 2 RA (pendidikan setingkat TK) sebesar @100 juta, serta bantuan pemulihan rumah ibadah yang besarannya ditetapkan kemudian.

Kementan menyiapkan bantuan bagi pemulihan usaha pertanian melalu bantuan saprotan.

Kemenparekraf, akan menyusun program pemulihan destinasi pariwisata dan menginformasikan kepada internasional bahwa Sumatera Utara aman bagi wisatawan, meningkatkan daya tarik pariwisata melalui pengembangan ekonomi kreatif dan produksi kerajian melalui pemberdayaan masyarakat korban bencana.


Sumber: BNPB
Jakarta, 05 FEBRUARI 2014

Dirilis oleh:
Humas Senkom Mitra Polri dari Lantai 2 BNPB Jl Juanda 36 Jakarta Pusat.

Posting Komentar

0 Komentar