Sungai Meluap, Warga Manokwari Mengungsi

Bahan Makan disiapkn untuk pengungsi di Manokwari
Senkom.or.id | MANOKWARI - Hujan deras sepanjang malam, Sabtu (21/2/2015), yang melanda Manokwari, menyebabkan luapan tiga sungai besar di daerah itu yakni, Sungai Masaburi, Sungai Wariori dan Sungai Merah. Tiga sungai tersebut meluap hingga merendam puluhan rumah penduduk setempat selain puluhan rumah, puluhan hektar sawah petani di kampung Mansaburi dan Wariori terendam banjir akibat luapan ketiga sungai tersebut, dan terancam gagal panen. 

Warga yang terdampak banjir tersebut dilaporkan telah mengungsi ke Balai Kampung Wariori, sementara itu Badan Penangulangan Bencana Daerah Manokwari dan provinsi Papua Barat bersama SENKOM Mitra Polri Kab. Manokwari  telah berada di lokasi banjir guna mengevakuasi penduduk, membangun tenda dan dapur umum untuk masak makanan bagi masyarakat yang rumahnya terendam air.

Dalam peristiwa banjir ini tidak menelan korban jiwa hanya kerugian material yang diperkirakan mencapai ratusan juta, saat ini luapan air Sungai Masaburi, Sungai Wariori dan Sungai Merah Distrik Masni yang merendam ratusan rumah warga dengan ketinggian mencapai dua meter itu, sudah mulai surut perlahan lahan karena hujan sudah rendah.

Menurut warga, banjir terjadi karena aliran Sungai Wariori sudah berpindah dari jalur sebelumnya. Pernah ditalud, dan sekarang membentuk aliran baru yang mengarah ke pemukiman. Warga berharap secepatnya dilakukan pengerukan anak kali yang banyak melintas di sekitar kampung Wariori maupun Mansaburi./sae

Posting Komentar

0 Komentar