Deppora Senkom Naungi Kegiatan Komunitas Motor

Event Journey Riders Indonesia diwarnai upaya penyelamatan lingkungan dengan menanam mangrove
Senkom.or.id | Senkom (Sentra Komunikasi) Mitra Polri melalui Departemen Pemuda dan Olahraga (Deppora) memberikan apresiasi atas kreatifitas para remaja dan pemuda yang memiliki hobi otomotif. Melalui departemen kepemudaan ini berbagai komunitas sepeda motor diakomodir dengan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat bagi para anggota komunitas maupun bagi masyarakat luas.

"Anak-anak muda harus diberikan ruang untuk berekspresi, tinggal bagaimana kita mengarahkan ke kegiatan-kegiatan positif, supaya mereka tidak terjebak pada pergaulan bebas yang menjerumuskan," ujar Ketua Umum Senkom Mitra Polri, H. Muhammad Sirot, S.H, S.I.P.

Diantara kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan antara lain sosialisasi undang-undang lalu lintas supaya para pemuda yang tergabung dalam komunitas,imemahami dan sadar akan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas (kamseltibcarlantas). Kegiatan-kegiatan positif itu dikelola dalam sebuah kegiatan bernama Journey Riders Indonesia atau disingkat JRI.

"Journey Riders Indonesia merupakan kegiatan, kegiatan journey atau jalan-jalan, yang diperuntukkan bagi para penghobi sepeda motor baik perorangan maupun komunitas, jadi JRI ini bisa sekaligus menjadi tempat kumpulnya berbagai komunitas untuk melakukan kegiatan bersama," terang Arif Hidayat, Ketua Departemen Pemuda dan Olahraga Senkom Mitra Polri.

Lebih lanjut Arif mengungkapkan, selain sosialisasi peraturan lalulintas untuk menjadikan para riders sebagai pelopor keselamatan berlalulintas, mereka juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan lain seperti distribusi logistik saat terjadi bencana, distribusi hewan qurban saat hari raya qurban, penanaman mangrove, bakti sosial di tempat-tempat yang dijadikan persinggahan saat jalan-jalan bersama, dan berbagai kegiatan positif lainnya.

"Ini yang membedakan JRI dengan komunitas lain yang mungkin, maaf, kadang terkesan sangar dan suka menguasai jalanan saat berkendara. Sebagai kegiatan komunitas dalam binaan Senkom Mitra Polri, JRI kita jadikan sebagai kegiatan yang menampung mereka yang mau berbuat baik dan bermanfaat bagi sesama," terang Arif.

Apakah peserta kegiatan Journey harus anggota Senkom? "Tidak. Senkom dalam posisi melakukan pembinaan bersama stakeholder lainnya, sehingga dalam setiap kegiatan, selain harus dilaporkan rencana kegiatannya sebelum dilaksanakan, juga harus didampingi oleh pengurus Senkom dalam hal ini departemen kepemudaan di pusat, dan biro-biro kepemudaan untuk kegiatan-kegiatan di daerah," tandas Arif.

[R10]

Posting Komentar

0 Komentar