Kukuhkan Pengurus Senkom dan FKPM Senkom Pasbar, Ketua Senkom Sumbar Berpesan: “Tingkatkan Peran dan Kewaspadaan Bencana”

Senkom.or.id I Pasaman Barat – Bertempat di Ruang Serba Guna Senkom Mitra Polri Pasaman Barat, Kec. Luhak Nan Duo Kab. Pasaman Barat, hari ini kepengurusan Senkom dan FKPM Komunitas Senkom Mitra Polri Kab. Pasaman Barat masa bhakti 2021-2026 resmi dilantik, Minggu (17/1/2021).

Ketua Pembina Senkom Sumbar H. Muchfiandi didampingi Ketua Senkom Sumbar H. Noer Hidayatullah dan Ketua FKPM Senkom Sumbar Dian Wahyudi, A.Md memimpin langsung prosesi Pelantikan Pengurus Senkom dan FKPM Komunitas Senkom Mitra Polri Kab. Pasaman Barat masa bhakti 2021–2026. Setelah H. Muchfiandi membacakan Naskah Pelantikan yang diikuti dengan penyerahan bendera Pataka Senkom dan FKPM, dilanjutkan dengan pemasangan pin tanda jabatan oleh Ketua Senkom Sumbar kepada Ketua Senkom Pasaman Barat dan penyematan pin FKPM oleh ketua FKPM Senkom Sumbar kepada Ketua FKPM Senkom Pasaman Barat. Adalah Agus Almukrim sebagai Ketua Senkom Mitra Polri Kab. Pasaman Barat dan Suparwat sebagai Ketua FKPM Komunitas Senkom Mitra Polri Kab. Pasaman Barat masa bhakti 2021-2026.

Dalam arahannya, Ketua Senkom Sumbar H. Noer Hidayatullah menyampaikan, “Pengurus baru harus punya semangat baru, Senkom di wilayah ini harus lebih aktif dalam berkegiatan mengabdi untuk masyarakat, bangsa dan negara. Kabupaten Pasaman Barat ini adalah wilayah berkembang yang memiliki potensi strategis di Sumbar. Jalin komunikasi yang baik dengan para mitra Senkom yaitu Polri, TNI, BNPB/BPBD, Pemerintah Daerah setempat dan instansi terkait lain”, ujarnya.
Dikatakan, “Selain masih bergulat mengatasi pandemi Covid-19 dan segala masalah turunannya, memasuki awal tahun 2021 ini kita sangat prihatin banyak musibah bencana yang menelan korban jiwa terjadi di negeri tercinta, jatuhnya Sriwijaya Air, banjir di Kalimantan Selatan, tanah longsor di Jawa Barat dan gempa bumi di Sulawesi Barat. Oleh karena itu, selain di bidang Kamtibmas, “Senkom juga harus meningkatkan peran dan kewaspadaan di bidang kebencanaan”. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Sumatera Barat ini merupakan wilayah rawan bencana karena memiliki potensi bencana alam yang cukup tinggi, untuk itu Tim Senkom Rescue sebagai pasukan relawan kebencanaan Senkom supaya di siagakan, kita tidak tahu kapan dan dimana bencana akan terjadi. Selalu berkoordinasi dengan para mitra Senkom yaitu Polri, TNI, BPBD dan instansi terkait lainnya, ujar H. Noer Hidayatullah tegas.

Sementara itu Ketua FKPM Senkom Sumbar Dian Wahyudi mengatakan, “FKPM Komunitas Senkom Mitra Polri ini merupakan tim pemecahan masalah Senkom”. Untuk itu pengurus FKPM harus mempunyai pengetahuan dan pergaulan yang luas ditengah masyarakat, harus berbudi pekerti yang baik, bermental baja dan bisa melihat jauh kedepan serta lebar kesamping agar mempunyai kemampuan dan wawasan yang mumpuni dalam membantu Polri dalam menyelesaikan masalah masyarakat sesuai kewenangannya. FKPM bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lurah atau Camat dapat mengambil langkah penyelesaian dalam hal terjadi pelanggaran hukum tindak pidana ringan seperti, tawuran antar warga, pencurian kecil, perselisihan antar pribadi dan lain sebagainya, sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan dengan damai dan tidak perlu dilanjutkan ke ranah hukum, jelasnya.

Sementara itu Agus Almukrim Ketua Senkom Pasaman Barat didampingi Suparwat Ketua FKPM Senkom Pasaman Barat mengatakan, Terima kasih atas dukungan dan arahan Pengurus Provinsi Senkom Sumbar. Kami akan berusaha meningkatkan peran Senkom di Kab. Pasaman Barat agar dapat lebih bermanfaat untuk masyarakat. Membantu Polri menciptakan Kamtibmas yang kondusif, siaga kebencanaan dan bela negara dalam wadah NKRI. Mudah-mudahan dengan semangat baru dan dukungan semua pihak serta ridho Allah SWT kami dapat mewujudkan cita-cita mulia tersebut, ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sektretaris Senkom Sumbar Sadi Asadillah, Bendahara Anton Iqmal, S.Kom, Sekretaris FKPM Senkom Sumbar Riki Abdillah, S.Si serta seluruh pengurus dan pembina Senkom Kab. Pasaman Barat masa. (Sadi) 

Posting Komentar

0 Komentar