Kapolres Sidoarjo, Wabub, Senkom Mitra Polri Patroli Bareng

Senkom.or.id | Sidoarjo : Pengamanan wilayah selama bulan Ramadhan di wilayah Polres Sidoarjo dilakukan dengan patroli menjelang buka puasa dan dini hari saat sebelum sahur sampai subuh dengan melakukan patroli Grebeg Sahur yang menjadi agenda Polres Sidoarjo. 

Pelaku kejahatan tidak segan untuk memukul, menusuk bahkan membacok korban untuk melakukan perampasan kendaraan bermotor, “Saya perintahkan kepada seluruh anggota agar tidak segan-segan menembak pelaku kejahatan, apabila sampai melawan dan membahayakan petugas saat menangkap, tegas AKBP Marjuki saat launching program Gotong Royong Kamtibmas Puasa Aman Lebaran Nyaman Sidoarjo Jempol 2013, Selasa (9/7/13).

Hari kedua suasana sahur warga Desa Wadungasih Buduran-Sidoarjo, Jumat (12/7/13) berbeda dengan hari biasanya, selain dibangunkan dengan iring-iringan musik patrol, warga kedatangan anggota Forpimda (Forum Pimpinan Daerah) yang dipimpin Kapolres Sidoarjo AKBP Marjuki, Wabup MG Hadi Sucipto, Dandim, Kajari, Ka PN, Senkom Mitra Polri dan ormas lainnya. 

Warga Wadungasih tidak hanya bersantap sahur bersama, mereka juga berkesempatan dialog dengan Forpimda terkait keluh kesah warga setempat.

Kegiatan Grebek Sahur ini merupakan agenda pertama dalam rangkaian program Gotong Royong Kamtibmas Puasa Aman, Lebaran Nyaman tahun 2013.

Forpimda melakukan road show secara bergantian di sejumlah kawasan di kota Sidoarjo. ”Tujuannya agar seluruh kawasan Sidoarjo aman dan nyaman“ ujar AKBP Marjuki, dengan program tsb pihaknya bisa mengingatkan pentingnya menjaga keamanan di lingkungan sendiri, tidak hanya lewat patroli malam yang dilakukan kepolisian tapi warga juga bisa menjaga kawasannya dengan gotong royong. 

Dalam sambutannya Wabub Sucipto menyampaikan mari bergotong royong kamtibmas Puasa aman, Lebaran nyaman sehingga Sidoarjo Jempol.

Lebih lanjut Wabub menyampaikan salam-salam dan permohonan maaf Bpk Bupati karena beliau sedang ada acara di Mataram dalam rangka menerima Penghargaan dari Presiden dan Menkop.

Sidoarjo sampai saat ini sangat kondusif aman, terbukti sidang pengadilan kasus-kasung tertentu dari kabupaten lain dilaksanakan di Sidoarjo seperti kasus Sampang, kasus Pasuruan.

Wilayah Sidoarjo adalah wilayah kabupaten paling kecil di Jatim hanya seluas 7000 Ha, dengan penduduk berjumlah 2,720.000 orang yg ber KTP dan penduduk urban yang tidak terhitung.

Secara khusus penduduk Sidoarjo dalam menyambut lebaran kebanyakan mudik ke kampung halamannya sehingga rumahnya ditinggalkan, selama dtinggal mudik dihimbau supaya melaporkan ke RT setempat dan diteruskan ke Polsek, karena jumlah anggota polisi yang jumlahnya terbatas maka dalam menjaga keamanan polisi dibantu oleh masyarakat, ormas seperti Senkom Mitra Polri dan lainnya, kata Sucipto.

Senkom mengikuti program ini adalah yang kedua kalinya, tahun lalu juga mengikuti selama satu bulan ramadhan penuh dan tahun ini Senkom kembali diundang mengikuti program Gotong Royong Kamtibmas Puasa aman Lebaran nyaman 2013, 

Dalam Grebek Sahur ini hadir ketua dan wakil sekretaris serta bendahara Senkom Kab Sidoarjo, dan 17 personil anggota Senkom Kecamatan Buduran dan Gedangan.

Kegiatan ini dimulai dari pendopo Kabupaten Sidoarjo sebagai titik kumpul FORPINDA, para pejabat dam Senkom Mitra Polri, kemudian menuju ke lokasi grebeg sahur dengan menggunakan bis Polres dikawal oleh Patwal dan diikuti beberapa kendaraan pejabat utama kabupaten“ ungkap ketua Senkom Sidoarjo H. Agus Mintono, SMB.

Dalam dialog disampaikan oleh salah satu warga, mayoritas warga Wadungsih adalah urban sehingga pada saat lebaran rumahnya kosong ditingal mudik. Menanggapi hal ini Kapolres menyatakan pihaknya siap berkoordinasi dengan RT dan aparat desa setempat agar mengkoordinir warga yang pulang kampung meninggalkan rumahnya dan akan berkoordinasi lebih lanjut pada Babinkamtibmas (Gusmin)

www.senkom.or.id
Editor: Yusuf Em

Posting Komentar

1 Komentar

  1. tetap semangat, hubungan yang sinergis...

    www.senkombangkalan.org

    BalasHapus

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Sebaiknya komentar sesuai berita yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Komentar ditayangkan setelah melalui moderasi. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)