Basarnas Tarakan : Ketua Baru Lanjutkan Program yang Lalu

Senkom.or.id | TARAKAN – Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari tim Basarnas, maka proses penyelamatan yang dilakukan tim Basarnas kota Tarakan dititikberatkan pada penyelamatan di wilayah perairan sesuai dengan kondisi wilayah kota Tarakan yang sebagian besar aktifitas masyarakatnya berpusat di laut, namun tetap mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 36 tahun 2006 tentang Pencarian dan Pertolongan.

Kepala Basarnar kota Tarakan, Edy Heryanto menyampaikan hal itu, dalam acara serah terima jabatan kepala Basarnas kota Tarakan, Senin (16/2/2014).

Menurut Edy, Basarnas mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan, pengkoordinasian dan pengendalian potensi SAR dalam kegiatan SAR terhadap orang dan material yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam pelayaran dan atau penerbangan. Serta memberikan bantuan dalam bencana dan musibah lainnya sesuai dengan peraturan SAR Nasional dan internasional.

“Secara jelas tugas dan fungsi SAR adalah penanganan musibah pelayaran dan atau penerbangan, atau bencana dan musibah lainnya dalam upaya pencarian dan pertolongan saat terjadinya musibah, oleh karena itu tentu program yang telah kami susun akan dapat dilanjutkan oleh penerus kami” kata Edy.

Acara serah terima jabatan dari Kepala Basarnas kota Tarakan yang lama, Edy Herryanto SE kepada Dede Hariana S.E dari kota Cianjur Jawa Barat itu bertempat di Ruang Serba Guna Gedung Basarnas kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Acara serah terima jabatan kepala Basarnas itu juga sekaligus dirangkaikan dengan pelantikan beberapa pejabat eselon III, IV, V di lingkungan Basarnas Tarakan.

Pelantikan dipimpin oleh Sekretaris Utama Basarnas, Tarakan Drs. Max Ruland B, MM, MSC. Beberapa pejabat yang dilantik atau mutasi jabatan baik di Kantor Pusat Maupun di Kantor SAR.

Adapun nama Pejabat yang dilantik antara lain :
1. Drs.Ec. Moch. Hernanto, MM yg semula menjabat Kabag Humas Basarnas dilantik menjadi Kepala Kantor Basarnas Surabaya.
2. Sumpenu Yuwono, S.sos dilantik menjadi Kabag Humas Basarnas menggantikan Hernanto.
3. Suyatno yang semula menjabat Kepala Kantor Basarnas Biak dilantik sebagai Ka.Subdit. Penyiapan tenaga dan Potensi di direktorat Bina ketenagaan.
4. Marsudi, S.sos, MSi yang semula Kepala Kantor Basarnas Mataram dilantik menjadi Kepala Kantor Basarnas Biak.
5. Marsono, S.sos dilantik menjadi Kepala Kantor Basarnas Mataram.
6. Joni Superiadi SE dilantik menjadi Kepala Kantor Basarnas Palembang.
7. Gusti Syaiful Bahri dilantik menjadi Kepala seksi Operasi Kantor Basarnas Medan
8.  Wasino dilantik menjadi Kasi Ops Basarnas Banjarmasin

Sedangkan 3 lainnya dilantik menjadi Kasi Potensi di kantor Basarnas Pangkal Pinang, Jambi, dan Banjarmasin adalah Robert Sirait SIP, Inarwan S.sos, dan Hery Marantika.

Dalam sambutannya, Kepala Basarnas kota Tarakan yang baru, Dede Hariana S.E menyebutkan dirinya akan tetap melanjutkan program-program yang telah disusun oleh pendahulunya.

“Dalam hal penangangan terhadap musibah, mekanisme dan system selalu sama, oleh karena segala program yang telah tersusun pada priode sebelumnya, tetap akan kita lanjutkan,”ujar Dede Heriana.

Adapun penanganan musibah dan bencana yang dimaksud meliputi dua hal pokok yaitu pencarian (search) dan pertolongan (rescue). Dalam melaksanakan tugas penanganan musibah pelayaran dan penerbangan,  menurut Dede, harus sejalan dengan IMO (international maritime organization) dan ICAO (international Civil Aviation Organization).

“Yang jelas tim Basarnas bekerja pada proses tanggap darurat untuk memberikan bantuan dan pertolongan,” pungkasnya. (rill)

Posting Komentar

0 Komentar