Tim Rescue Mojokerto Latih Remaja Tangkal Berita Hoax

Senkom.or.id | Mojokerto - Dengan berkembangnya teknologi dan menjamurnya sosial media, akhir-akhir ini dunia maya banyak dimunculkan informasi dan berita palsu atau lebih dikenal dengan istilah “hoax” oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab.

Teknologi saat ini memudahkan siapapun untuk menginformasikan suatu peristiwa, terlebih informasi terkait cuaca dan bencana, namun belakangan kebenaran informasi/berita menjadi banyak pertanyaan.

Hal ini yang membuat Senkom Mitra Polri Kabupaten Mojokerto mengadakan pelatihan dan Konsolidasi Telekomunikasi Kamtibmas dan Kebencanaan di Desa Brangkal Mako Sooko, Mojokerto, Jawa Timur.

"Mengingat banyaknya beredar berita hoax kami bangun tim baru anggota Senkom Mitra Polri di kab. Mojokerto yang kami pilih berdasarkan seleksi di wilayahnya masing-masing,  hal ini mengacu kepada Intruksi Pengurus Pusat Senkom Mitra Polri untuk perbanyak tim di kabupaten agar bisa memastikan suatu berita, agar berita tersebut pasti."ujar Moh Makki, SH, Pengurus Senkom Mojokerto saat memberikan materi kepada peserta diklat.

Acara yang dikemas santai tapi serius ini, dihadiri puluhan remaja dari berbagai profesi, turut hadir juga anggota TNI dan Polri untuk melengkapi pentingnya komunikasi kamtibmas dan kebencanaan

Novanda peserta yang baru berusia 17 tahun tersebut sangat senang dengan pelatihan yang diadakan oleh Senkom.

"Pada dasarnya saya suka jalan-jalan dan suka publish, namun Alhmdulillah ada pelatihan ini saya semakin tau, senang dan berharap apa yang saya pelajari ini bisa saya terapkan dan bisa sharing juga ketemen-teman di desa saya nanti".

Di dalam materi pelatihan ini, apabila menjumpai berita denga judul provokatif, tidak jelas sebaiknya Anda mencari referensi berupa berita serupa dari situs online resmi, kemudian bandingkan isinya, apakah sama atau berbeda. Dengan demikian, setidaknya Anda sebabagi pembaca bisa memperoleh kesimpulan yang lebih berimbang. (max/aan)


Posting Komentar

0 Komentar