STOP TERBANGKAN BALON UDARA TANPA AWAK

Senkom.or.id I Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 40 Tahun 2018, tentang Penggunaan Balon Udara Tanpa Awak pada Kegiatan Festival Budaya, Perayaan Tahunan Masyarakat dan Adat Budaya Lokal Lainnya. Diterbangkannya balon udara berpotensi membahayakan penerbangan, yakni tersangkut di sayap, ekor/flight control (elevator, rudder, aileron/alat kendali utama pesawat) yang berakibat pesawat sulit/tidak dapat dikendalikan/kehilangan kendali.

Potensi bahaya kedua adalah balon udara masuk ke mesin pesawat. Yang berakibat mesin mati terbakar atau meledak.

Ketiga, menutup pitot-static tube sensor (sensor utama pengukur ketinggian dan kecepatan pesawat). Yang berakibat pada terganggunya bahkan tidak berfungsinya informasi ketinggian dan kecepatan pesawat.

Kemudian, balon udara bisa menutupi bagian depan atau pandangan pilot. Sehingga pilot kesulitan mendapatkan visual guidance (panduan pandangan kasat mata) dalam pendaratan.

Selain itu, ada bahaya petasan maupun api sebagai bahan bakar untuk menerbangkan balon yang bisa menyebabkan kebakaran baik di hutan, sawah, rumah warga maupun saluran listrik.

Edi Ermawan Ketua Departemen Penanggulanan Bencana & SAR Senkom Mitra Polri menyampaikan " Mari kita sama-sama menjaga keselamatan saudara-saudara kita yang menggunakan jasa transportasi udara, dengan cara mematuhi aturan dan regulasi yang belaku,” (HAG)

Posting Komentar

0 Komentar