Dasa Darma Pramuka Solusi Cegah Tawuran Antar Pelajar

 


Jakarta, 25/05/2022 - Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Dr. Drs. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si. di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya (BPMJ) Jakarta Pusat menyampaikan kepada 28 kapolsek yang baru dilantik untuk melakukan kontrol sosial agar anak pelajar tidak membangun sebuah kelompok kriminal, menangkap pelaku tawuran tidak akan menyelesaikan masalah,

 

Dengan memiliki pandangan dan inovasi baru dalam menangani masalah tawuran maka anda semua adalah penyelamat hidup dan masa depannya, dan agar para pelajar bisa tumbuh menjadi seorang yang berguna bagi nusa dan bangsa atau setidaknya buat keluarga," harap Fadil.

 

Berita tentang tawuran pelajar selalu disuguhkan media hampir setiap hari, tawuran pelajar merupakan bentuk dari tindak kekerasan geng anak sekolah yang sudah menjadi kebiasaan dan trend yang sulit untuk dicegah, bahkan sudah menjadi tradisi mengakar di kalangan pelajar akibat pengaruh lingkungan yang diiringi oleh pandangan dogmatis keliru seperti “Kalau enggak tawuran nggak jantan, nggak keren atau nggak cool”.

 

Sekjen Senkom Mitra Polri H. Arif Nurokim, SH yang juga aktifis pembinaan generasi penerus di Sako Pramuka Sekawan Persada Nusantara menyampaikan “Pelajar yang melakukan tawuran biasanya sedang mengalami krisis identitas, memiliki kontrol diri yang lemah serta tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun di lingkungan teman sebaya, maka mari kita bantu mereka dengan memberikan pendampingan dan perhatian lebih dalam menghadapi gejolak jiwa mudanya dengan mengarahkan masuk menjadi anggota Pramuka”.

 

Idealnya pelajar aktif dalam kegiatan kepramukaan sebab disana setiap anggota diwajibkan hafal, paham dan mengamalkan Dasa Darma Pramuka yaitu :

1.       Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

2.       Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

3.       Patriot yang sopan dan kesatria

4.       Patuh dan suka bermusyawarah

5.       Rela menolong dan tabah

6.       Rajin, terampil, dan gembira

7.       Hemat, cermat, dan bersahaja

8.       Disiplin, berani, dan setia

9.       Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

10.   Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

“Tidak ada ceritanya anggota pramuka yang taat pada Dasa Darma Pramuka melakukan tawuran” jelas Arif Nurokim. (HAG)

Posting Komentar

0 Komentar