Alat Komunikasi Senkom Mitra Polri Pakai Botol Bekas, Seperti Apa Keunggulannya?

 


Jakarta - Selain agenda utama Munas 4 Senkom Mitra Polri adalah memilih ketua umum yang baru, Senkom Mitra Polri juga membuka stand pameran yang terdiri dari alat komunikasi, bela negara dan rescue. (19/7/2022)

Setelah membuka secara resmi Munas 4 Senkom Mitra Polri, Baharkam Polri Komisaris Jenderal Polisi Drs. Arief Sulistyanto, M.Si. berkenan mengunjungi stand pameran di sisi utara tenda utama.

Pada kesempatan tsb Baharkam Polri memperoleh penjelasan beberapa alat komunikasi yang digunakan oleh Senkom Mitra Polri dalam membantu pemerintah di bidang kamtibmas.

Salah satu yang dipamerkan adalah antena yang terbuat dari botol bekas dan kawat jemuran yang saat digunakan bisa menembus ke semua penjuru nusantara.

Dalam penjelasan yang disampaikan oleh Lukman Abdul Fatah salah satu ketua yang membidangi Telematika bahwa Senkom dalam berkiprah menerapkan low profil high profit, alat komunikasi yang digunakan terbuat dari bahan seadanya yang bisa diperoleh dengan mudah saat di lapangan bahkan barang-barang bekaspun bisa dimanfaatkan. 

Kita harus bisa memanfaatkan barang bekas yang ada di sekitar kita untuk dijadikan alat komunikasi agar komunikasi tetap terjalin dan informasi tetap bisa dikirim dalam keadaan darurat, kata Lukman.

Antena dari bahan botol bekas

Pemikiran ini sejalan dengan Tatang Kusmiadi yang sudah berhasil membuat antena dari botol bekas serta kawat jemuran. Selain itu Tatang juga bisa merakit sendiri radio komunikasi Senkom HF Tranceiver dengan bahan bekas 'rombengan' yang ada di sekitar rumahnya dengan hasil yang bagus. (Yus)

Posting Komentar

0 Komentar