Senkom Rescue Bantu Warga Terdampak Banjir Banyuwangi

 

Banyuwangi, 18/10/2022 – Cuaca ekstrim yang ditandai dengan hujan dengan intensitas tinggi sejak hari minggu (16/10) mengakibatkan 3 sungai yaitu sungai Kaligung, sungai Kali Bagong Sobo dan sungai Kalilo tak mampu menampung debit air sehingga meluap dan merendam ratusan rumah warga.

Saat meninjau daerah banjir Bupati Banyuwangi Hj. Ipuk Fiestiandani, S.Pd. telah mengambil langkah dengan menyiapkan 11 unit rusunawa untuk 11 keluarga yang rumahnya rusak parah dan dapur umum untuk 3.500 jiwa serta berterimakasih kepada seluruh elemen yang telah bergotong royong membantu warga terdampak banjir, semoga situasi segera membaik.

Sekretaris BPBD Banyuwangi, Mujito menyampaikan hasil assesment  ada 472 KK yang terdampak banjir, 11 rumah rusak parah, 6 rumah rusak sedang, 48 rusak ringan. Rumah-rumah yang rusak berada di Lingkungan Sutri, Kelurahan Sobo, tidak ada korban jiwa namun estimasi kerugian belum bisa dipastikan, saat ini kita fokus pada evakuasi warga dan mendirikan tenda posko darurat di SDN Sobo untuk pos kesehatan, dapur umum, adapun normalisasi sungai sedang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi menggandeng Senkom Mitra Polri Kabupaten Banyuwangi untuk membantu dukungan komunikasi, evakuasi dan menyalurkan logistik berupa makanan siap saji berupa paket nasi bungkus kepada warga terdampak banjir bersama TNI, Polri, Satpol PP, PMI, LPBI NU dll.


Menurut Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Banyuwangi, Alfan Abdillah “Senkom Rescue mendapat tugas  membantu penyaluran logistik sekaligus mengevakuasi korban banjir terutama lansia dan anak-anak ke tempat yang lebih aman serta membersihkan lumpur  dan mensiagakan 20 anggota Senkom untuk piket setiap hari di wilayah Sutri sobo, Kertosari, Pakis Rowo Banyuwangi Kota. (ONE/HAG)




Posting Komentar

2 Komentar

  1. Siaga saat aman ada saat dibutuhkan

    BalasHapus
  2. Semoga Senkom selalu jaya, wargaya di beri, keamanan kesehatan,ke lancaran dan ke barokahan.

    BalasHapus

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Sebaiknya komentar sesuai berita yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Komentar ditayangkan setelah melalui moderasi. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)