Senkom Kotabaru Bersama Senkom Paser Bahas PAM Lebaran dan Nataru


Kotabaru - Senkom Mitra Polri Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan dan Senkom Kabupaten Paser, Kalimantan Timur bersama-sama menggelar Konsolidasi organisasi pada hari Minggu (27/11) di wilayah perbatasan, Jalan Raya Provinsi Kalseltim Jalur 1, RT 01/01, Desa Mayangsari, Kecamatan Pamukan Barat, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Pada Senin 28/11/2022.

Disampaikan Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Kotabaru, Memet Wahyudi selaku tuan rumah, bahwasanya dalam pertemuan yang menghadirkan kedua pengurus harian membahas tentang sinergi dalam menjalan tugas yang harus dijalankan secara bersama dan singkron, mengingat Kotabaru dan Paser merupakan jalur utama / pintu gerbang menuju kedua provinsi tersebut.

"Kami wacanakan untuk menjalin kerjasama sekaligus  menjajagi apa yang harus dilakukan dengan cara kerjasama dan singkron", ujar Ketua Senkom Kotabaru.



Memet menjelaskan, hal yang paling menjadi pemikiran bersama adalah mengenai kegiatan rutin tahunan yang sudah menjadi program Kepolisian secara nasional yaitu kegiatan pengaman Lebaran, Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Oleh karena Kotabaru dan Paser merupakan jalur utama pintu gerbang keluar masuk Kalimantan Selatan dan Timur, maka itulah yang akan menjadi bahan utama untuk melakukan koordinasi dan komunikasi secara berjenjang, baik mengenai tehnis maupun mekanismenya.

Disisi lain, Pengurus Senkom  Kotabaru akan membentuk kepengurusan baru di Kecamatan Pamukan Barat, bertujuan untuk dapat mempermudah koordinasi antar lintas perbatasan.

"Kami akan segera mengembangkan sayap yaitu membentuk kepengurusan di daerah perbatasan ini, agar mempermudah koordinasi lintas batas Kalseltim mendatang", Ulas Memet mengakhiri.

Senada dengan Ketua Senkom Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Suwarto, oleh karena kedua kebupaten merupakan tapal batas provinsi sehingga dalam pengamanan pun disangga oleh dua Kabupaten itu.

"Ini adalah daerah perbatasan yang di sangga oleh dua kabupaten sehingga perlu adanya koordinasi", jelas Suwarto 

Menurutnya, dalam pertemuan itu ada hal yang dapat diambil pengalaman yang dilakukan pengurus Senkom Kotabaru yaitu mengenai pengembangan sektor. Dalam hal ini adalah membentuk kepengurusan Senkom di kecamatan-kecamatan yang sekiranya layak, utamanya dari segi jumlah dan kwalitas personil.

Di akhir acara Suwarto berharap terus berlanjut komunikasi dan koordinasi agar Senkom Paser bisa mengikuti jejak Senkom Kotabaru, begitu juga sebaliknya. 

"Kami berharap pertemuan ini berlanjut walaupun hanya melalui komunikasi, namun tetap dapat berkoordinasi sehingga dapat saling berkontribusi", tutup Suwarto. (rzq)

Posting Komentar

0 Komentar