Tingkatkan Profesionalisme, Senkom Mitra Polri Klaten Gelar Orientasi



Klaten -  Untuk meningkatkan kapasitas anggota, pengurus Senkom Mitra Polri se-Exs Kawedanan Delanggu Kabupaten Klaten melaksanakan Orientasi Senkom Mitra Polri di Aula Serbaguna Desa Tlogorandu, Kecamatan Juwiring, Klaten, Jawa Tengah, pada hari Jumat, (24/2).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Klaten Poniman M. Rosyied , Bidang PBSAR Wiyono, Ketua Senkom Mitra Polri se-Exs Kawedanan Delanggu dan 150-an anggota Senkom se-Exs Kawedanan Delanggu.

Dalam sambutannya, Poniman M. Rosyid menyampaikan bahwa Senkom Mitra Polri yang telah dibentuk pada tanggal 1 Januari tahun 2004 yang lalu adalah tindak lanjut dari pelaksanaan UU No.2 tahun 2002, tentang Pamswakarsa. Oleh karena itu supaya anggota Senkom kedepannya semakin peduli akan Kamtibmas, apalagi Senkom sudah menjadi Mitra Kamtibmas Mabes Polri dan Forum Komunikasi Polisi Masyarakat (FKPM). 

Senada dengan Poniman M. Rosyied, PB SAR Kabupaten Klaten Wiyono dalam paparannya menjelaskan bahwa Senkom sendiri memiliki 3 Klaster yang telah melaksanakan MoU dengan berbagai Instansi, yakni:

Kamtibmas: dengan Mabes Polri dan BNN 
Bela Negara: dengan Kemenhan
Kebencanaan (Penanggulangan Bencana): dengan BNPB dan BASARNAS. 

"Beberapa waktu terakhir ini telah terjadi bencana alam di mana-mana, baik di Provinsi Jawa Tengah sendiri serta di beberapa wilayah di seluruh Indonesia maupun di luar negeri, seperti musibah bencana alam di Turki dan Suriah yang menelan puluhan ribu korban meninggal dunia," ungkap Wiyono

"Oleh karena itu supaya Senkom Mitra Polri yang membidangi Kebencanaan atau Senkom Rescue supaya memperdalam ilmunya didalam hal kebencanaan, baik teori maupun praktek, sehingga kalau suatu waktu terjadi musibah atau bencana alam Senkom sudah siap," tambah Wiyono

"Jangan sampai Team Rescuer yang seharusnya mengevakuasi korban bencana justru malah dievakuasi karna kurangnya ilmu SAR dan RESCUE. Senkom Rescue itu harus sesuai dengan jargonnya yaitu ‘Siaga Saat Aman, Ada Saat Dibutuhkan’," tutup Wiyono (Rizal PM)

Posting Komentar

0 Komentar