Senkom Mitra Polri Terima Hibah Perahu Karet dari Universitas Brawijaya

Malang - Dalam rangka mendukung kesiapsiagaan SAR dan penanggulangan bencana, Senkom Mitra Polri Kabupaten Malang menerima hibah satu unit Perahu Karet lengkap dengan mesin penggerak dan peralatannya dari Universitas Brawijaya Malang pada hari Rabu, 25 Oktober 2023. Tindakan ini merupakan bentuk kepedulian Universitas Brawijaya dan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP., kepada Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Malang, Lukman Hakim di Gedung Rektorat Universitas Brawijaya Malang.

Momen tersebut turut disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumberdaya, Prof. Dr. Muchamad Ali Safaat, SH., MH., serta beberapa pejabat Universitas Brawijaya lainnya.Dari pihak Senkom, hadir Ketua Senkom Provinsi Jawa Timur, Ir Ma'un M.T, IPM, Wakil Ketua, Chudori, SH, Sekretaris, Wahjoe Soetiono, S.Sos, Ketua Senkom Kabupaten Malang, Lukman Hakim, beserta pengurus lainnya seperti Khoirul Basnovie, Santosa, SH, Isman Hidayat, dan Rudianto.



Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumberdaya, Prof. Dr. Muchamad Ali Safaat, menyampaikan permohonan maaf karena seharusnya Rektor Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc sendiri yang akan 

menyerahkan bantuan Perahu Karet ini. Namun, pada saat yang bersamaan beliau sedang melakukan tugas dinas di luar negeri.

"Pimpinan sangat senang bisa bekerja sama dengan Senkom Mitra Polri dan memberikan bantuan Perahu Karet ini, yang nantinya akan digunakan untuk tugas mulia kemanusiaan," katanya.

Pemberian dukungan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang ada, sehingga mendukung kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh Senkom. Senkom selalu hadir dalam berbagai misi pertolongan bencana, baik itu kecelakaan di air sungai, air laut, maupun banjir yang sering terjadi pada musim penghujan.

"Untuk itu, pimpinan berpesan agar hadiah Perahu Karet ini dijaga dan dirawat dengan baik, semoga bermanfaat untuk kemanusiaan," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Senkom Jatim, H. Maun, menyampaikan, "Senkom Jatim sangat berterima kasih kepada Universitas Brawijaya Malang yang telah memberikan bantuan berupa Perahu Karet untuk melengkapi peralatan Senkom di bidang Penanggulangan Bencana dan SAR. Penggunaannya tidak hanya terbatas di Malang Raya, tetapi juga di seluruh Jawa Timur," jelasnya.

"Karena penerima hibah, saudara Lukman, tidak hanya sebagai Ketua Senkom Kabupaten Malang, namun juga sebagai Ketua Biro Penanggulangan Bencana dan SAR Senkom Jatim, kami akan melaksanakan amanah perawatan dan penggunaannya semaksimal mungkin untuk kemanusiaan," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Ma'un juga menjelaskan tentang 3 Cluster Tugas pengabdian Senkom pada masyarakat, yaitu pertama, Bidang Kamtibmas dengan semboyan “Menembus Jarak Tanpa Batas”. Bidang Komunikasi Kamtibmas. Senkom Mitra Polri mengembangkan perangkat Senkom Digital Communication (SDC).

Kedua, Bidang Penanggulangan Bencana dengan semboyan “Siaga Saat Aman, Ada Saat Dibutuhkan”.

Ketiga, Bidang Bela Negara, dengan semboyan “NKRI Harga Mati“, dan semua kegiatan Senkom Mitra Polri bersifat Relawan dan mandiri.

Penyerahan hibah ini diakhiri dengan penandatanganan dokumen serah terima dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.(luk)

Posting Komentar

0 Komentar