Senkom Rescue Mengikuti Apel Siaga Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana


Grobogan - Pemkab Grobogan menggelar apel siaga gelar pasukan dan pengecekan peralatan penanggulangan bencana Kabupaten Grobogan Tahun 2023 di Halaman Setda Kabupaten Grobogan Jl. Gatot Subroto No.6, Brambangan, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, pada Rabu, 01/11/2023.

Hadir Satu pleton anggota Senkom Mitra  bersama Forkompinda TNI Polri dan beberapa pleton pasukan lainnya.

Bupati Grobogan,  Sri Sumarni menyampaikan, apel siaga bencana bertujuan membangun Sinergisitas dan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai kemungkinan resiko terjadinya bencana.

"Kita sudah memasuki fase pengalihan musim dari musim kemarau ke musim penghujan atau yang disebut dengan musim pancaroba. Kita tetap berharap agar daerah ini terhindar dari bencana, kondisi geologis dan geofisik, memungkinkan terjadinya bencana alam di daerah ini," katanya.

Beliau menjelaskan, cuaca tidak menentu maka tidak menutup kemungkinan terjadinya cuaca ekstrim dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi. Seluruh pihak perlu untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan baik personil secara individual maupun sumber daya peralatan dimiliki.

"Pelaksanaan apel siaga bencana dapat menjadi sarana untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas semua elemen dalam menghadapi potensi bencana. Saya yakin semua pihak tentunya telah memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing tinggal bagaimana mempererat kerjasama dan komunikasi secara aktif agar implementasi di lapangan dapat berjalan dengan baik," ungkapnya.

Bupati menjelaskan memasuki masa transisi dari musim kemarau ke musim penghujan perlu mewaspadai petir, angin kencang, puting beliung serta hujan lebat yang mengakibatkan banjir.

Fenomena alam sering menyertai datangnya musim penghujan antara lain adalah banjir, tanah longsor dan angin puting beliung berdampak pada rumah roboh serta pohon tumbang berdampak pada kerugian material.

"Di Kabupaten Grobogan sering terjadi kebakaran rumah serta kebakaran hutan dan lahan yang angkanya meningkat di tahun 2023 ini. Saya minta kepada jajaran BPBD, camat dan kepala desa bersama unsur TNI dan Polri serta tokoh masyarakat untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, terkait potensi bencana," pungkasnya.

Ketua Senkom Mitra Polri Grobogan Tohirin, S.Pd.I Menyampaikan Kami dan seluruh Organisasi masyarakat se- Grobogan. Dengan diadakannya kegiatan apel siaga gelar pasukan tersebut kami berharap semoga selalu bisa kolaborasi dan bersinergi dengan BPBD dan pemerintah Kabupaten Grobogan.

Sesuai arahan dari Bupati Grobogan yg mengajak stakeholder terkait dalam penanganan bencana alam di Grobogan. Dalam penanganan bencana di wilayah Kabupaten. Grobogan.

"Sesuai tupoksi Senkom Rescue pengabdian di bidang kebencanaan dan pertolongan PB-SAR dengan semboyannya "Siaga Saat Aman Ada Saat di Butuhkan" Siap membantu pemerintah dalam penanggulangan kebencanaan dan pertolongan." pungkasnya. (ghoni)

Posting Komentar

0 Komentar