Banjir Bandang Terjang Lahat

Senkom.or.id | Lahat : Banjir Bandang di Kabupaten Lahat, Senin (8/7/13) pukul 09.00 WIB, air bah tiba-tiba datang menghantam daerah pinggiran Sungai Lematang, rumah penduduk, sawah, ternak hanyut diterjang derasnya air yang mengalir.

Situasi semakin tidak menguntungkan, aliran listrik PLN dan komunikasi terputus, apalagi akses jalan satu-satunya menuju desa yang terendam terputus.

Dengan sigap dan responsif anggota Senkom Mitra Polri Rescue yang mengetahui kejadian tersebut segera menghubungi dengan alat komunikasi HT untuk koordinasi dengan BPBD Kab. Lahat, karena HT merupakan satu-satunya alat komunikasi yang masih berfungsi di lokasi kejadian.

Anggota Senkom memback-up pengumpulan data dan informasi mengenai jumlah korban, usia, serta kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk evakuasi dan membantu korban bencana serta kerugian yang disebabkan bencana tersebut. Sehingga dari data yang akurat tersebut untuk selanjutnya dapat mengirimkan bantuan yang tepat sesuai kebutuhan yang diperlukan korban bencana. Selanjutnya data tersebut diinformasikan kepada BPBD Kab. Lahat sebagai koordinator penanggulangan bencana.

Dalam waktu yang singkat segera anggota SAR Senkom melakukan peran aktif dengan KSR - PMI unit STIE Serelo, Polisi, TNI dan relawan lain bahu-membahu evakuasi korban yang berjatuhan.

Anggota Senkom juga mengamankan pelaku pencurian yang memanfaatkan situasi bencana dengan mengambil barang elektronik korban bencana.

Demikian sepenggal skenario dari Simulasi Penanggulangan Bencana Banjir Bandang yang diadakan Senkom Mitra Polri bekerjasama dengan BPBD Lahat, (8 Juli 2013) di Lahat Sumatera Selatan.

Simulasi diikuti oleh anggota Senkom MItra Polri Kab. Lahat, BPBD Kab. Lahat, TAGANA Kab. Lahat, TNI, POLRI, Tim Kesehatan Dinkes Kab. Lahat dan KSR – PMI STIE Serelo.

Dalam sambutan pembukaan simulasi, Kepala Pelaksana BPBD Kab. Lahat Faisal Ishak mengatakan, terima kasih dan apresiasi tinggi kepada Senkom Kab. Lahat yang telah bersedia ikut serta sebagai relawan dan sumbangsih pemikirannya. Masih dalam sambutannya, Faisal juga mengajak Senkom Lahat untuk bisa terus bekerja sama dalam program-program kegiatan BPBD Kab. Lahat. 

Sementara itu Ketua Senkom Kab. Lahat( Sumsel 06.01) H. Leo Wahab menyambut baik ajakan dari Kepala Pelaksana BPBD Kab. Lahat yang mengajak untuk tetap bekerja sama dalam kegiatan BPBD Kab. Lahat tersebut. (Ilham Riady)

www.senkom.or.id
Editor: Yusuf EM


Posting Komentar

0 Komentar