.

.
Headlines

Kapolres Banyuwangi Bantu HT Anggota Senkom

Posted by Senkom Mitra Polri | Jumat, 31 Mei 2013 | Posted in ,


Senkom.or.id | Banyuwangi : Kapolres Banyuwangi AKBP Nanang Masbudi, SIK, M.Si, memberikan dukungan dan motivasi terhadap seluruh kegiatan Senkom Banyuwangi, hal ini ditunjukkan dengan memberikan Alat komunikasi berupa HT kepada anggota Senkom Banyuwangi, Selasa (14/5) di Mapolres Banyuwangi.

Nanang mengharapkan Senkom Banyuwangi bisa menjadi mitra sejati Polres Banyuwangi dan direncanakan mulai 1 Juni 2013 Senkom Banyuwangi diminta kerjasamanya untuk ikut piket di SPKT (Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu), sehingga Senkom dapat memberikan informasi yang cepat dan lengkap dari masing - masing Senkom di tiap kecamatan yang ada di Banyuwangi. (Aris)

 





www.senkom.or.id
Editor : Yusuf Em

Polda Jatim Persempit Gerak Teroris

Posted by Senkom Mitra Polri | Rabu, 29 Mei 2013 | Posted in , ,

Senkom.or.id | Surabaya : Wakapolda Jatim Brigjen Polisi Drs. Moechgiarto SH M.Hum membuka acara Silaturahim Kapolda dengan Tomas, Toga, Toda dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, Selasa siang (28/5) di Gedung Mahameru Polda Jatim.

Hadir di acara ini pejabat Polda Jatim, Kasat Binmas se Jatim, Kadiskesbangpol, Ketua MUI Jatim, Senkom Mitra Polri, para Rektor Perguruan Tinggi se Jatim.

Dalam sambutan tertulis Kapolda yang dibacakan oleh Wakapolda dikatakan  bahwa situasi kamtibmas Jatim yang sangat kondusif ini supaya ditingkatkan, karena masalah kamtibmas bukan hanya tanggung jawab Polri tapi juga peran aktif masyarakat sangat dominan membantu.

Keterbatasan jumlah Polisi yang terbatas tidak mampu menangani semuanya, untuk lebih mewujudkan kamtibmas yang kondusif agar pos-pos kamling dihidupkan kembali, siskamling digalakkan lagi serta jangan lupa bila ada tamu 1 x 24 Jam supaya lapor.

Disampaikan juga bahwa dalam proses penegakan hukum saat ini sudah berubah, Polisi lebih mengedepankan manfaat, keadilan kemudian kepastian hukum. Proses penegakan hukum ini hanya dipegang oleh para Kapolsek, Kapolres, Kapolda juga kepala direktorat.

Karo Ops Polda Jatim  Kombes Pol Drs Abdul Ghofur,SH.MH, mengatakan Extra Ordinary Crime adalah ungkapan untuk teroris dalam desertasinya untuk gelar Doktor masalah teroris.

Masalah teroris mendapat perhatian khusus karena sangat berbahayanya kejahatan ini, kejahatan ini dikalifikasikan dalam “ Man Made Desaster “ artinya penyerangan membabi buta tidak jelas yang dituju dalam kejahatan ini, tapi menyangkut semua orang yang ada di sekitar kejadian (TKP).

Dalam Undang-Undang no.15 2003 tentang teroris hukumannya sangat berat tapi hukuman tersebut tidak membuat takut pelaku atau calon pelaku, hal ini yang membuat sulit dalam membasmi teroris.

Mereka ditangkap dan diinterogasi tapi tidak takut dengan apapun. Tidak takut kehilangan anak, kehilangan istri, hanya satu tujuan jihad jika dapat membunuh dan jika mati akan dijemput bidadari, fakta di lapangan para teroris muncul karena kemiskinan, ketidakmampuan dan salah arah, tambah Ghofur.

Lebih lanjut disampaikan oleh Ghofur, secara umum situasi kamtibmas di Jawa Timur sampai saat ini sangat kondusif, hal ini adalah berkat keterlibatan semua unsur masyarakat dan Polisi.

Dalam menjaga kamtibmas di Jatim, Polda telah melaksanakan 12 program operasi baik operasi terbuka maupun tertutup. Gangguan kamtibmas di Jatim dalam data Polda meliputi 4 unsur yang menjadikan konflik antara lain : konflik Ekososbud, konflik Sara , konflik sumber daya dan konflik wilayah. (AM)


www.senkom.or.id
Editor: Yusuf Em

Kapolres Indramayu Realisasikan Mou Polri dengan Senkom

Posted by Senkom Mitra Polri | | Posted in ,



Senkom.or.id | Indramayu : Setelah mengikuti diklatnas Telematika dan Kamtibmas yang berlangsung di Jakarta April lalu, Senkom Mitra Polri Kabupaten Indramayu menindaklanjuti dengan menghadap ke Kapolres Indramayu, Kamis (23/5) untuk menyampaikan hasil MOU Senkom dengan POLRI dan melaporkan hasil diklatnas.

Kapolres Indramayu AKBP Golkar Pangarso R. Winarsadi, SH, SIK, MH siap merealisasikan MOU Polri dengan Senkom, diawali dengan penempatan RPU Senkom di Tower Polres, dan mempersilahkan menggunakan semua fasilitas yang ada di Mapolres Indramayu.

Kapolres berharap Senkom Kabupaten Indramayu bisa lebih proaktif dalam membantu tugas kepolisian khususnya di wilayah hukum Kabupaten Indramayu, juga mengharapkan Senkom bisa membantu program Warung Kamtibmas dalam rangka pemantauan kamtibmas di tingkat Polsek. (Senkom Indramayu)


www.senkom.or.id
Editor: Yusuf Em

Senkom Palu Sampaikan Hasil Diklatnas ke Kapolres

Posted by Senkom Mitra Polri | Senin, 27 Mei 2013 | Posted in ,

Senkom.or.id | Palu : Senkom Mitra Polri kota Palu merapat ke Kapolres Palu, Kamis (23/5) dalam rangka audiensi dan menyampaikan hasil diklatnas yang berlangsung di Jakarta April lalu.

Kapolres Palu AKBP Trisno Rahmadi, Sik sempat mencoba alat komunikasi Senkom Mitra Polri dan berkomunikasi dengan H.Abdul Wahab anggota Senkom yang berada di Kalimantan timur.

Kapolres berharap Senkom kota Palu bisa lebih proaktif dalam membantu tugas kepolisian khususnya di wilayah hukum Polres Palu, juga mengharapkan Senkom bisa membantu dalam pemantauan kamtibmas dan supaya selalu berkoordinasi dengan kepolisian. (Sulteng 01.09)
www.senkom.or.id
Editor: Yusuf Em

Sekda Sukabumi Minta Senkom Tidak Bermitra dengan Polri Saja

Posted by Senkom Mitra Polri | Kamis, 23 Mei 2013 | Posted in ,

Senkom.or.id | Sukabumi : Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Adjo Sardjono mewakili Bupati menerima audiensi pengurus kabupaten Senkom Mitra Polri Sukabumi (15/5), hadir juga Kasatpol PP, Kepala Kesbanglinmas dan Kepala Humas Pemda Kab. Sukabumi.

Pengurus Kab. Senkom Sukabumi mendapatkan kehormatan untuk dapat bertemu dan memperkenalkan diri kepada jajaran pejabat di lingkungan Pemda Kabupaten Sukabumi walaupun tidak dapat bertemu dengan bupati yang berhalangan hadir karena kegiatan mendadak di Jakarta.

Dalam sambutannya, Sekda menjabarkan bahwa wilayah Kab. Sukabumi dengan beraneka macam kerawanan baik dalam bencana atau dalam kerawanan trantib di masyarakat.

Ketua Pengkab Senkom mitra Polri Kab. Sukabumi mengatakan, bahwa organisasi ini diawali oleh sekelompok orang yang ingin membantu, menjaga ketentraman dan ketertiban di masyarakat sehingga tercipta masyarakat yang aman, tentram dan nyaman sehingga kegiatan masyarakat dapat berjalan dengan lancar, baik itu kegiatan masyarakat di bidang ekonomi, sosial dan lain-lain.

Sekda meminta agar Senkom ini tidak hanya bermitra dengan Polri tetapi juga dengan pemerintah daerah, ditambahkan oleh kasatpol PP Kab. Sukabumi, Senkom sudah diterima dan dipersilahkan menggunakan fasilitas yang ada di lingkungan SAR daerah. Selanjutnya segera memerintahkan Kepala SAR Daerah agar menerima Senkom Mitra Polri untuk membantu giat-giat yang ada.

Idealitas yang ada pada Senkom Sukabumi jangan sampai berbenturan dengan masyarakat, kata Kepala Humas Pemda saat memberikan saran.

Segala saran dan masukan akan ditindaklanjuti dengan giat Senkom untuk menciptakan ketentraman dan ketertiban di masyarakat sehingga tercipta masyarakat yang nyaman dan tertib. (Andrianto)


www.senkom.or.id
Editor: Yusuf Em

Audiensi Pengkab Senkom Mitra Polri Belitung dengan KODIM 0414

Posted by Senkom Mitra Polri | Rabu, 22 Mei 2013 | Posted in ,

Senkom.or.id | Belitung : Audiensi pengurus harian Senkom Mitra Polri Kabupaten Belitung yang diwakili Sobrian Umri, S.Pd (ketua), Ismail (wakil ketua), Fadly Khusnul, S.Pd (sekretaris), Rozianto, Sudianto, dan Arif Priyono dengan KODIM 0414 Belitung, Senin (20/5).

Hadir dalam audiensi ini para staf yaitu Kapten Safrin Husin, Kapten Sulardi, dan Kapten Eddy. S.

Pertemuan di ruang Kodim ini semakin akrab saat DANDIM 0414 Belitung LETKOL INF Boemi Aryo Bimo,S.E, memperkenalkan diri dari mulai keluarga, pendidikan, pengalaman militer, pengalaman penugasan daerah konflik, dan jabatan beliau.

Boemi Aryo juga menyampaikan tugas-tugas pokok TNI terutama di wilayah Belitung diantaranya mengamankan NKRI di wilayahnya dan pembinaan di wilayah teritorial terutama di daerah Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, yang menjadi wilayah Teritorial KODIM 0414 Belitung,

Dalam penjelasannya, peran TNI dalam menjalin komunikasi sosial dengan masyarakat yang sudah berjalan yaitu menjalin kemitraan dengan masyarakat yang ada di sub-sub terkecil di wilayah Belitung yaitu dengan adanya BABINSA, WANRA, melaksanakan Bakti Karya, PMMD, dan Komunikasi sosial diantaranya dengan kegiatan audiensi seperti ini.

Beliau juga berpesan kepada Senkom Mitra Polri yang pertama yaitu agar selalu berkomunikasi dan berkordinasi dengan TNI dalam upaya mempertahankan dan mengamankan NKRI terutama di wilayah Kabupaten Belitung, walaupun selama ini Belitung dinilai masih jauh dari konflik, yang kedua meminta kepada Senkom supaya berperan aktif di dalam sosialisasi pencegahan bahaya narkoba yang diketahui mulai marak di kalangan pelajar karena menurut pantauan beliau provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah masuk angka daerah-daerah terbesar pengguna Narkoba terutama di kalangan Remaja.

Senkom agar menjadi organisasi terdepan dalam sosialiasi dan pengawasan dalam lalulintas lanjut Boemi Aryo, karena menurut beliau angka kematian tertinggi di wilayah Kabupaten Belitung bukan karena penyakit tapi kematian akibat lakalantas, dalam hal ini dianggap masyarakat Belitung kurang mengerti peraturan-peraturan dalam berkendara yang baik dan benar, terutama di kalangan remaja yang merupakan korban tertinggi lakalantas.

Jajaran Pengurus Daerah Senkom Mitra Polri Kabupaten Belitung menyambut baik pesan-pesan dan penyampaian Dandim, yang amat peduli dengan keadaan masyarakat di wilayah kabupaten Belitung, dalam hal ini Senkom yang diwakili Sobrian Umri,S.Pd menyampaikan bahwa Senkom siap membantu dan terbuka apabila dibutuhkan dalam kegiatan-kegiatan TNI.

Dan juga menyampaikan bahwa UUD 45, Pancasila, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah harga mati bagi tiap-tiap anggota Senkom di mana saja berada khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Belitung, dan Senkom siap dan sudah melaksanakan selama ini dalam sosialisasi kepada masyarakat pencegahan narkoba maupun keselamatan dalam berlalulintas dengan menujukkan Pin Pelopor menjadi salahsatu bukti bahwa Senkom adalah ormas yang peduli dan dan pelopor keselamatan dalam berlalulintas. (Senkom Belitung)

www.senkom.or.id
Editor : Yusuf Em

Latihan Gabungan SAR Senkom Sukabumi dan Depok

Posted by Senkom Mitra Polri | Jumat, 17 Mei 2013 | Posted in , ,

Senkom.or.id | Sukabumi : Pagi itu begitu cerah, matahari menyinarkan cahaya abadinya, anggota Senkom Sukabumi juga melaksanakan aktifitas sehari-hari melaporkan dan mendengarkan informasi kamtibmas, tiba-tiba ada yang melaporkan, bahwa pesawat terbang jatuh di wilayah Salabintana Sukabumi.

Ketua Senkom Sukabumi dan Depok segera koordinasi, personil Senkom Sukabumi dan Senkom Depok dipersiapkan dengan kelengkapan yang akan dibawa.

Sembilan regu SAR sudah berkumpul dan mendapatkan pengarahan dari komandan untuk langkah selanjutnya. Regu pertama berangkat menyusuri sungai yang semalam diguyur hujan. Licinnya batu-batu sungai tidak menghalangi semangat seluruh anggota Senkom rescue untuk langsung bergerak menuju tempat jatuhnya pesawat yang belum diketahui titik koordinatnya.

Regu SAR melewati medan yang cukup berat untuk mencari lokasi jatuhnya pesawat, dengan menggunakan petunjuk arah kompas dan arahan dari pusat pengendali komunikasi bahkan harus menggunakan keahlian memanjat agar bisa melewati medan yang terjal karena lokasinya di tengah hutan.

Regu 1 menemukan korban pertama setelah menyusuri sungai, segera anggota Senkom Rescue melakukan pertolongan dengan keterampilan penyelamatan pertama pada korban. Anggota regu 1 dapat menyelamatkan korban. Korban selamat yang ditemukan selanjutnya dibawa menuju tempat evakuasi korban.

Korban dibawa dengan menggunakan tandu yang dibuat sendiri di tempat kejadian dengan memanfaatkan tongkat dengan tali seadanya.

Setelah melewati kondisi yang cukup berat, semua korban jatuhnya pesawat ini dapat diselamatkan dan seluruh anggota Senkom rescue dapat kembali ke pos utama yang berada di Taman Wisata Salabintana untuk melaporkan situasi kejadian kepada komandan.

Simulasi pertolongan kecelakaan jatuhnya pesawat dilakukan oleh 115 anggota gabungan Senkom Sukabumi dan Kota Depok (12/5/13) di Taman Nasional Salabintana Kab. Sukabumi dengan instruktur yang telah mendapatkan pelatihan dari BASARNAS, BNPB dan Pengurus Pusat Senkom Mitra Polri.

Latihan gabungan SAR ini untuk melatih keterampilan anggota SENKOM agar dalam keadaan darurat dapat memiliki kemampuan yang mumpuni dalam proses evakuasi korban.

Mudah-mudahan pelatihan SAR bersama ini dapat meningkatkan keterampilan anggota SENKOM menjadi lebih baik lagi, baik dari segi pengetahuan maupun dari segi keterampilan, kata ketua Senkom Sukabumi.

Acara ini juga dimanfaatkan oleh anggota Senkom untuk lebih saling mengenal antara anggota Senkom Sukabumi dengan Kota Depok, sehingga silaturahim dapat selalu terjalin dengan baik.

Ketua Senkom Depok mengatakan, ajang silaturahim ini sangat bermanfaat bagi kami dalam hal bertukar pengalaman dalam kegiatan Senkom.

Seluruh anggota Senkom Kota Depok, mengikuti acara ini dengan touring menggunakan 35 sepeda motor. Ketertiban seluruh anggota diperlihatkan dengan tetap mengikuti seluruh rambu-rambu dan aturan lalu lintas sehingga seluruh anggota menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas..(Andrianto)

www.senkom.or.id
Editor: Yusuf Em





Audiensi Senkom dengan Satlantas Polres Belitung

Posted by Senkom Mitra Polri | Senin, 13 Mei 2013 | Posted in

Senkom.or.id | Belitung : Pengurus harian Senkom Mitra Polri Kabupaten Belitung melaksanakan audiensi dengan Satlantas Polres Belitung, (11/5/13) untuk mendukung Operasi Simpatik Menumbing 2013 yang sedang dilaksanakan.

Sesuai dengan tugas dan fungsi Senkom Mitra Polri, maka Senkom mensosialisasikan kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas, dan siap membantu apabila dibutuhkan dalam melaksanakan kegiatan tersebut. (Senkom Belitung)


Baca juga :
Gelar pasukan Operasi Simpatik Menumbing 2013

www.senkom.or.id
editor: Yusuf Em

Rangkaian Giat Senkom Belitung

Posted by Senkom Mitra Polri | | Posted in ,

Senkom.or.id | Belitung : Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan Senkom Mitra Polri Kabupaten Belitung terangkum di bawah ini.

Operasi Simpatik
Gelar pasukan Operasi Simpatik Menumbing 2013 di lapangan Mapolres Belitung (6/5/13) diikuti POLRI, TNI AU, TNI AD, Senkom Mitra Polri, perwakilan PKS (Patroli Keamanan Sekolah) se-Kabupaten Belitung, komunitas Vespa Belitung, DISHUB, SATPAM, Komunitas moge, komunitas motor CB, dan offroader.

Setelah gelar pasukan dilanjutkan dengan konvoi sosialisasi keselamatan berlalu lintas keseluruh kota Tanjungpandan oleh seluruh peserta upacara.

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan
Pengurus daerah KNPI Kabupaten Belitung mengadakan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di hotel Grand Hatika Tanjungpandan (29/4/13) .

Hadir dalam acara ini unsur Pika dan Muspida, Senkom Mitra Polri, perwakilan OSIS SMA dan SMP Kabupaten Belitung, Ormas Pemuda Panca Marga, perwakilan Karang Taruna se-Kabupaten Belitung.

Dalam sosialisasi ini disampaikan tentang pemahaman 4 pilar kebangsaan yaitu : Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI, dengan narasumber dari anggota DPR RI Ir.H.Azhar Romli,M.Si.

Senkom Mitra Polri Kabupaten Belitung sangat mendukung sekali kegiatan tersebut dan menyampaikan bahwa 4 pilar Kebangsaan indonesia adalah harga mati bagi tiap-tiap warga Indonesia pada umumnya dan Anggota Senkom Mitra Polri pada khususnya.

Semua peserta yang mengikuti kegiatan ini mendapat sertifikat yang ditandatangani langsung oleh ketua DPR RI Taufik Kiemas.

Penanganan Jalur Evakuasi Korban
Kebakaran yang melalap 2 ruko alat-alat pancing di gang Kimting Pasar Tanjungpandan (24/4/13) pagi hari pukul 06.30 WIB diperkirakan mencapai kerugian ratusan juta rupiah dan korban luka ringan kurang sebanyak lebih 3 orang.

Petugas pemadam kebakaran Kab. Belitung, bersama Polres Belitung, Senkom Mitra Polri, Satpol PP, Tagana, serta masyarakat setempat, bekerjasama agar api tidak tidak menjalar ke ruko disebelahnya.

Kami bertugas sebagai petugas penanganan jalur evakuasi korban kebakaran, kata anggota Senkom yang bertugas saat itu.

Kapolres Tanjungpandan juga mengapresiasi Senkom yang sudah membantu dalam masalah sosial dan penanggulangan bencana di lingkungan Kab. Belitung.

Kemah Bakti Pemuda KNPI
Senkom Mitra Polri Kabupaten Belitung mengikuti Kemah Bakti Pemuda KNPI 2013 (5/413) yang dilaksanakan oleh DPD KNPI Kab.Belitung selama 3 hari di Perkebunan Kelapa Sawit dusun Petikan kecamatan Badau, dibuka oleh Wakil Bupati Belitung.

Peserta berasal dari seluruh ormas kepemudaan se Kab. Belitung, dan Karang Taruna. Salah satu kegiatan dalam kemah bakti ini adalah bakti sosial kepada masyarakat, Senkom Mitra Polri Kab. Belitung sebagai ketua kegiatan bakti sosial ini. (Senkom Belitung).

Baca juga :

Audiensi Senkom dengan Satlantas Polres Belitung



www.senkom.or.id
editor: Yusuf Em





Bupati Bengkalis Buka Jambore Kwarcab

Posted by Senkom Mitra Polri | Minggu, 12 Mei 2013 | Posted in ,

Senkom.or.id | Bengkalis : Jambore kwarcab Bengkalis diikuti 371 peserta dari lima Kwartir Ranting se- Kwarcab Bengkalis dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkalis Ir. H. Herliyan Saleh selaku Kamabicab (9/5/13).

Pembukaan Jambore ditandai dengan pelepasan burung merpati dan penyematan tanda peserta kepada beberapa anggota Pramuka Penggalang di Bumi Perkemahan Olang Perkasa jalan Rangau Km. 11 Desa Petani, Kecamatan Mandau.

Hadir juga ketua, sekretaris dan bendahara Senkom Mitra Polri Kab.Bengkalis pada pembukaan tersebut. (Muryanto)


editor: Yusuf Em

Senkom Medan Laporan Hasil Diklatnas ke Polres Medan

Posted by Senkom Mitra Polri | Jumat, 10 Mei 2013 | Posted in

Senkom.or.id | Medan : Senkom Medan Audiensi ke Kasat Binmas Polresta Medan dan menyerahkan laporan Diklat Kamtibmas & Telematika Angkatan IV tahun 2013 yang diwakili Wakasat Binmas Polresta Medan Bpk. Surbakti (8/5/13).

Latihan Dasar Water Rescue Senkom Palu

Posted by Senkom Mitra Polri | | Posted in ,

Senkom.or.id | Palu : Latihan dasar renang dan water rescue di pantai kampung nelayan Sulawesi Tengah (9/5/13) diikuti 60 personil Senkom Mitra Polri Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Kepala Basarnas Sulawesi tengah Abram. Kolimon,S.E., M.SI membuka latihan ini dan dilanjutkan dengan berbagai materi rescue oleh Basarnas.

Diklat ini merupakan upaya Senkom Mitra Polri Rescue Kota Palu Sulteng untuk menyiapkan anggotanya, manakala diperlukan dalam operasi SAR. Menurut rencana kegiatan serupa akan digelar kembali 25 Mei 2013 di kolam renang Porame. (Samsudin).

www.senkom.or.id
editor: Yusuf Em

Kapolsek Wal Mas Resmikan Sekretariat Senkom Mitra Polri

Posted by Senkom Mitra Polri | | Posted in ,


Senkom.or.id | Luwu : Peresmian sekretariat Senkom Mitra Polri Kecamatan WALMAS Kabupaten Luwu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolsek WALMAS (4/5/13).

Dalam kesempatan ini Kapolsek dan Camat WALMAS menyematkan PIN penghargaan Mabes Polri dan PIN Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas kepada perwakilan anggota Senkom yang juga dihadiri oleh Camat WALMAS dan kepala-kepada desa setempat.

Kepengurusan Senkom Mitra Polri di Kabupaten Luwu sudah terbentuk sampai di tingkat kecamatan, agar koordinasi dan informasi di kecamatan dan desa dapat cepat tersampaikan ke pengurus di kabupaten.

Kabupaten Luwu memiliki wilayah geografis yang unik karena wilayahnya terbagi dua yang dipisahkan oleh sebuah daerah otonom yakni Kota Palopo, ada pun daerah yang terpisah tersebut adalah wilayah Walenrang dan Lamasi atau yang juga dikenal dengan sebutan WALMAS.

www.senkom.or.id
editor: Yusuf Em

Polda Sumbar Gelar Talkshow Penegakan Kamtibmas

Posted by Senkom Mitra Polri | Rabu, 08 Mei 2013 | Posted in , ,

Senkom.or.id | Padang : POLDA Sumatera Barat bersama Senkom Mitra Polri melakukan sosialisasi tentang Peran Masyarakat dalam Penegakan Kamtibmas dengan melakukan talkshow di Radio Sushi FM - 99,1 FM (8/5/13). 
Hadir dalam talksahow ini Dir. Binmas Polda Sumbar Kombes Pol. Drs Imron Korry, Kabid. Humas Polda Sumbar AKBP M. Sugianto, Ketua Senkom Prov. Sumbar M. Ari Sultoni, SH, Ketua Senkom Kota Padang H. Muhammad Abdillah, SE, Sekretaris FKPM Kota Padang H. Muchfiandi, SKom dan beberapa pengurus Senkom Prov. Sumatera Barat.


Kombes Pol. Drs Imron Korry mengatakan bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) adalah suatu kondisi dinamis dalam masyarakat, dimana adanya perasaan yang aman dan tentram, bebas dari ancaman atau gangguan dan terjamin ketertiban/keteraturan. Jadi disinilah sebenarnya peran masyarakat dalam penegakan kamtibmas menjadi polisi bagi diri sendiri, bagi keluarga, dan masyarakatnya.

Sementara itu AKBP M. Sugianto menambahkan Polri memfasilitasi dan memotivasi masyarakat untuk melakukan identifikasi permasalahan dan mencari solusi / pemecahan permasalahan itu sendiri. Polri dan masyarakat bersama-sama menggali potensi yang ada di dalam masyarakat itu sendiri.

Keterkaitan Senkom Mitra Polri dalam penegakan kamtibmas adalah melaksanakan fungsi sebagai Polisi Masyarakat (Polmas) di komunitas masing-masing (apabila sudah berada dalam komunitas), sedangkan anggota Senkom yang belum berada di komunitas maka dianjurkan untuk bergabung pada komunitas yang belum ada anggota polrinya.

Fungsinya agar sosialisasi tentang kamtibmas ini dapat dengan mudah tersampaikan pada seluruh lapisan masyarakat sehingga penanggulan dari pencegahan awal terjadi gangguan kamtibmas dapat teratasi dengan cara bimbingan dan penyuluhan, pendidikan, pengayoman dan nasehat-nasehat.

Menurut ketua Senkom Prov. Sumatera Barat, M. Ari Sultoni, SH, salah satu wujud nyata peran Senkom Mitra Polri di Sumatera Barat yaitu aktif membantu masyarakat yang tertimpa bencana seperti gempa bumi, banjir, galodo, dll. Senkom Mitra Polri juga tidak hanya eklusif bermitra dengan kepolisian, kami juga bekerjasama dengan beberapa instansi pemerintahan lainnya seperti BNPB, BNN, FKPM, dan lainnya.
Untuk membantu menciptakan kamtibmas, kami menyelenggarakan Seminar Sehari SENKOM MITRA POLRI bekerjasama dengan POLDA dan BNN Prov. Sumatera Barat, (30/4/2013) pungkas Ari Sultoni. (RW-Senkom Padang)

www.senkom.or.id
Editor: Yusuf EM.

Menembus Jarak Tanpa Batas

Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan

Radio Kamtibmas

Free Shoutcast HostingRadio Stream Hosting

Translate

Video: Senkom Mitra Polri - Antara TV

Fans Page