MPR RI Harapkan Senkom Sosialisasikan 4 Pilar Hingga Pedesaan

Senkom.or.id | Depok - "Kami berharap anggota senkom yang tersebar hingga desa-desa ikut membantu mensosialisasikan 4 pilar kepada masyarakat," ucap Anggota DPR RI Komisi II H. Sirmadji Tjondropragolo, M.Pd., didepan 200 peserta sosialisasi 4 Pilar MPR RI yang berlangsung di Pusdiklat Senkom Mitra Polri, Sabtu (22/8/2015).

Keberadaan pilar kebangsaan yang menjadi program MPR RI tidak mereduksi kedudukan Pancasila sebagai dasar/ideologi negara, istilah “pilar” dalam empat pilar kebangsaan dimaknai sebagai hal pokok, mendasar, dan esensial yang memiliki sifat dinamis. Sama sekali tidak menyamakan kedudukan Pancasila dengan pilar-pilar lain, apalagi mereduksi kedudukan Pancasila sebagai dasar negara yang dijamin dalam Pembukaan UUD 1945. 

4 (empat) pilar sebagai hal sangat mendasar dan esensial kehidupan berbangsa dan bernegara, tidak digeneralisir memiliki kesamaan kedudukan, tetapi eksplisit sesuai dengan kedudukannya masing-masing yaitu Pancasila sebagai dasar/ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi, NKRI sebagai bentuk negara, Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan dan semangat pemersatu bangsa. 

Senkom yang mempopulerkan yel-yel NKRI HARGA MATI juga mendapat apresiasi dari Drs. Sirmadji, M.Pd., politisi PDIP asal Trenggalek ini. Terlebih, keragaman anggota Senkom yang terdiri dari berbagai kalangan dinilainya sebagai wujud kebhinnekaan di dalam tubuh Senkom yang harus terus dipelihara persatuannya. "Senkom merupakan ide yang sangat bagus, sangat cemerlang, bahkan anggotanya dari kalangan direktur hingga tukang sayur. ini merupakan wujud dari Bhineka Tunggal Ika," tuturnya.

Sebagai bentuk apresiasi lainnya kepada Senkom yang selama ini terus berkomitmen membantu negara dalam bidang kamtibmas, kebencanaan dan bela negara, pihaknya akan mendorong kepada komisi yang membidangi untuk mensupport lebih banyak lagi agar peran dan fungsi organisasi Senkom dapat lebih dioptimalkan. 

Sementara itu anggota DPR RI Komisi V Drs. Yoseph Umar Hadi, M.PD, M.Si., menyampaikan bahwa Senkom dipandang telah secara baik mengimplementasikan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan dan amanat Ir. sukarno, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya di tengah masyarakat. Ia juga menyampaikan rasa bangga dan rasa hormat dengan keberadaan senkom yang ada di setiap kabupaten/kota hingga desa-desa yang anggota dan simpatisannya telah mencapai jutaan orang.

"Negara sangat terbantu dengan adanya Senkom yang secara aktif memberikan informasi Kamtibmas, kebencanan, dan aktif dalam hal bela negara hingga pelosok-pelosok desa," ucap Yoseph.

Lihat Video di Senkom TV
[humas]

Posting Komentar

0 Komentar