DIKLAT NASIONAL BELA NEGARA, SENTRA KOMUNIKASI (SENKOM) MITRA POLRI TAHUN 2021

Senkom.or.id I Jakarta - Dalam upaya menumbuh kembangkan kesadaran bela negara bagi anggotanya, Pengurus Pusat Sentra Komunikasi (PP SENKOM) Mitra Polri selenggarakan Pendidikan Pelatihan (Diklat) Bela Negara secara Nasional bagi seluruh anggota Senkom Mitra Polri.

Diklat Bela Negara bagi anggota Senkom yang diselenggarakan secara nasional dengan mengambil tema : 
“Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh," adalah juga bertujuan untuk membangun kesadaran anggota Senkom Mitra Polri bersama penyelenggara pertahanan negara guna menjaga dan melindungi kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, (NKRI) dan keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman. Termasuk juga mewujudkan anggota Senkom Mitra Polri yang dapat berkontribusi dalam mempertahankan seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan pertahanan.

Pendidikan dan pelatihan (Diklat) Bela Negara Senkom Mitra Polri tahun 2021 yang dipusatkan di PUSDIKLAT SENKOM MITRA POLRI Sawangan, Depok yang rencananya akan dilaksanakan selama satu hari yakni, pada Kamis, 16 Desember 2021 dengan pelaksanaan secara hybrid yakni di Studio Utama Pusdiklat Senkom Mitra Polri, Sawangan, Depok, secara luring, dan di studio mini aula atau ruang serba guna di masing-masing Sekretariat di seluruh pelosok Indonesia secara daring.

"Karena Diklat ini diperuntukkan bagi seluruh anggot Senkom se Indonesia, jika dihadirkan semua ke Pusdiklat Sawangan Depok, tentu tidak muat, karenanya, kita atur, untuk yang wilayah sekitar Pusdiklat seperti peserta yang berasal dari Jabodetabek-Sergon, Cibinong, Cikampek dan Karawang sebanyak 300 orang, termasuk Anggota SRC di wilayah tersebut, adapun bagi mereka yang berada di wilayah timur, dan seluruh Pengurus Provinsi di 34 Provinsi, seluruh Pengurus Kabupaten/Kota, termasuk peserta per-Kecamatan sebanyak 10 orang, mereka mengikuti secara daring," ujar H.Katno Hadi, Ketua Umum Senkom.

H. Katno Hadi selanjutnya menjelaskan bahwa Pertahanan Negara bukan saja tugas TNI Polri, tetapi sebagai warga negara juga memiliki tanggungjawab bersama, hal itu sebagaimana amanat Undang Undang Negara RI Nomor 3 Tahun 2002, bahwa dalam penyelenggaraan pertahanan negara setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban untuk ikut serta dalam upaya pembelaan negara sebagai pencerminan kehidupan kebangsaan yang menjamin hak-hak warga negara untuk hidup setara, adil, aman, damai, dan sejahtera.

Giat Diklatnas Senkom Mitra Polri tahun 2021 yang diikuti oleh seluruh anggotanya, akan dihadiri pula oleh para undangan yakni : Menko Polhukam up. Staf Ahli Bidang Ketahanan Nasional, Menteri Pertahanan up. Dir Bela Negara, Menteri Dalam Negeri up.Dirjen Polkum, Kepala BNPT, BNN up. Deputi Bidang Pencegahan, BNPB up. Sekum, BASARNAS up. Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi, KAKORBINMAS, dll. 

Siap hadir pula sebagai nara sumber, Dirjen Pothan, BNPT, Kemeterian Dalam Negeri, Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi BASARNAS, BNN, dan Binmas Polri. (Fin) 



Posting Komentar

0 Komentar