Senkom Rescue Bantu Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Lawu

KARANGANYAR - Senkom Rescue Karanganyar setelah pelantikan pengurus masa bakti 2023 - 2028 pada Senin (2/10), langsung tancap gas berkoordinasi mengerahkan anggotanya bergabung dengan BPBD Karanganyar TNI, Polri dan  relawan Untuk membantu memadamkan api di gunung lawu.

Bupati Karanganyar Juliyatmono datang ke posko pemadaman api hutan di Gunung Lawu di Candi Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Rabu (4/10/2023).

Bupati Juliyatmono tiba di posko dalam rangka meninjau lokasi posko dan kondisi terkini kebakaran hutan Gunung Lawu. Berdasarkan pantauan anggota Senkom, Juliyatmono tiba di kawasan Candi Cetho pada pukul 13.30 WIB.

Terlihat PJ Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana dan Bupati Karanganyar bertemu dengan sejumlah orang di sana.


Sebelumnya, opsi melakukan water bombing untuk penanggulangan kebakaran hutan Gunung Lawu sudah dimulai. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah telah melakukan koordinasi perihal itu. 

Apalagi, helikopter water bombing saat ini sudah berada di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Proses water bombing pun mulai dilakukan secara berkala. 

PJ Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengatakan penggunaan water bombing untuk pemadaman kebakaran hutan Gunung Lawu diperlukan agar luasan lahan terdampak tidak bertambah. Gunung lawu termasuk di wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 

"Kami sudah memeriksa kebakaran sudah meluas, yang berasal dari Ngawi dan merembet ke Kabupaten Karanganyar," ucap Nana saat kunjungan kerja di Kota Solo, Rabu (4/10/2023).

"Kami sudah koordinasi terus untuk water bombing dan per hari ini sudah dimulai water bombing di Kabupaten Karanganyar," tambahnya. 

"Adapun Pemprov Jateng juga tidak menutup kemungkinan status tanggap darurat ditetapkan untuk insiden kebakaran hutan Gunung Lawu," jelasnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar telah mengusulkan status tanggap darurat Kebakaran Hutan Gunung Lawu. 

"Sehingga, kabupaten Karanganyar sudah menentukan status, dan dari provinsi sudah menentukan dan sudah dikoordinasikan awal," ucap Nana.

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana dan Sar Senkom Kabupaten Karanganyar Sutaryo menyampaikan, kami dari Senkom Rescue mengerahkan 8 personil untuk membantu mengantisipasi menjalarnya api di kebakaran gunung Lawu.

"Mulai hari Selasa kemarin insya Allah sudah terploting anggota untuk bergabung bersama BPBD dan relawan lainnya," jelasnya.

"Semoga yang mengikuti OPS SAR pemadaman kebakaran diberi keamanan keselamatan kesehatan lancar dan barokah dan segera diberi hujan yang lebat supaya segera padam apinya karena medan yang terbakar sangat sulit dijangkau." harapannya. (ghoni)

Posting Komentar

0 Komentar